10 Klub Liga 1 Kantongi Lisensi AFC
Kepala Departemen Lisensi Klub PSSI, Tigorshalom Boboy (Foto: medcom.id/Rendy Renuki H)
Jakarta: Sebanyak 10 klub Liga 1 Indonesia telah mengantongi lisensi klub profesional dari AFC (Federasi Sepak Bola Asia). Lisensi tersebut diberikan AFC melalui Kepala Departemen Lisensi Klub PSSI, Tigorshalom Boboy.

Sepuluh klub tersebut adalah Persib Bandung, Persija Jakarta, Arema FC, PSM Makassar, Madura United. Serta Barito Putera, Persipura Jayapura, Bali United, Borneo FC, dan Bhayangkara FC.

Namun, dari 10 klub tersebut, ada beberapa kriteria lisensi yang didapatkan. Seperti Persib yang mendapatkan kriteria khusus, serta Persija dan Arema yang mengantongi predikat sempurna.
 

Baca: Mitra Kukar Curi Kemenangan di Markas PSMS


"Kami dari klub licensing department mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh klub yang ikut dalam proses lisensi. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, kerena dari lima klub meningkat jadi sepuluh klub," ucap Tigor.


"Pada 15 Oktober, Komite Lisensi sudah memutuskan dan memberikan hasil ke seluruh klub. Ada tiga klub yang dalam posisi granted, yaitu Arema, Persib, dan Persija. Jadi per 15 Oktober tiga klub termasuk Persib sudah mendapat lisensi," sambungnya.

Tiga klub tersebut telah mengantongi lisensi dengan predikat sempurna karena telah memenuhi lima aspek. Di antaranya aspek infrastruktur, legalitas, finansial, administrasi, dan pembinaan usia dini.
 

Baca juga: Menghitung Peluang Indonesia Lolos dari Babak Grup Piala Asia U-19


Ia menambahkan, empat klub lain mendapatkan lisensi dengan catatan, karena baru memenuhi kriteria A yang terdiri dari 33 poin yang bersifat internal dan tidak bisa disebutkan Tigor. Mereka adalah Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Persipura Jayapura.

Sedangkan tiga klub lainnya yakni PSM, Madura United, dan Barito Putera merupakan pendaftar tambahan untuk lisensi AFC. Mereka mengajukan banding untuk mendapatkan lisensi AFC karena mengantongi kriteria A.

"Mereka diberi waktu sampai 31 Januari 2019 untuk memenuhi syarat melengkapi kriteria B. Kalau tidak dipenuhi, bisa saja lisensi dicabut," terang Tigor.

"AFC juga punya hak setiap saat datang ke Indonesia untuk melihat apakah klub itu sesuai dengan sistem. Jadi kalau ada yang keliru atau bohong pasti akan terlihat oleh AFC," pungkas Tigor.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Bima Sakti Dinilai Sosok yang Tepat Latih Timnas Indonesia




(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id