Suasana Liga 1 Indonesia 2020 antara Persebaya Surabaya dengan Persipura Jayapura. (ANTARA FOTO/Moch Asim/aww)
Suasana Liga 1 Indonesia 2020 antara Persebaya Surabaya dengan Persipura Jayapura. (ANTARA FOTO/Moch Asim/aww)

DPR Minta Klub Liga 1 dan Liga 2 Tes Covid-19

Bola Virus Korona pssi liga 1 indonesia liga 2 indonesia DPR RI
Kautsar Halim • 08 April 2020 20:42
Jakarta: Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, mengimbau semua klub Liga 1 dan 2 Indonesia 2020 untuk melakukan covid-19 kepada para pemain, pelatih dan ofisialnya. Itu dilakukan guna mengantisipasi wabah virus korona di Tanah Air.
 
“Karena begini, seperti pesepak bola di Eropa, ada yang kena tetapi tanpa gejala. Mereka kan, atlet yang kondisi badannya bagus. Jadi ini langkah yang antisipatif,” ujar Syaiful di Jakarta, Rabu (8/4/2020).
 
Menurut politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu, para penderita covid-19 tanpa gejala tidak akan sempat menyebarkan virusnya jika sudah didiagnosa lebih dini. Syaiful lantas menyarankan klub-klub memanfaatkan sarana uji covid-19 yang tersedia di masing-masing daerah yang salah satunya lewat tes cepat (rapid test).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  “Saya rasa ini dapat dibicarakan PSSI tripartit dengan klub dan perwakilan pemain. Selain mendiskusikan soal gaji pemain di tengah pandemi covid, idealnya dibahas pula tentang kesehatan di masa virus korona ini,” kata dia.
 
Klub-klub Liga 1 Indonesia 2020 seperti Persija, Persib, Bhayangkara dan Barito Putera telah mengadakan uji kesehatan untuk mengecek keberadaan covid-19. Hasilnya, penyerang Persib Bandung Wander Luiz dan asisten pelatih Barito Putera Yunan Helmi sempat dinyatakan positif.
 
Bukan cuma klub, pengetesan covid-19 juga dilakukan kepada jajaran pelatih timnas Indonesia. Kemudian, terdiagnosalah virus tersebut di tubuh asisten pelatih Gong Oh-Kyun lewat dua kali tes cepat. Namun setelah dilakukan tes seka (swab test), Gong yang berkewarganegaraan Korea Selatan dipastikan tidak menderita covid-19.
 
Sampai Rabu 8 April, virus korona sudah menyerang 2.956 masyarakat Indonesia. 222 orang di antaranya berhasil pulih, sedang 240 jiwa lainnya meninggal dunia. (ANT)
 

(KAH)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif