Suasana kongres PSSI (Foto: Antara/Novrian Arbi)
Suasana kongres PSSI (Foto: Antara/Novrian Arbi)

Sosok Ideal Ketum PSSI

Bola pssi kongres pssi Kongres Luar Biasa PSSI Bursa Ketua Umum PSSI
Patrick Pinaria • 26 Oktober 2019 17:00
Jakarta: Sebelas nama sudah ditetapkan sebagai calon ketua umum PSSI. Sejumlah harapan pun sudah dilontarkan untuk mereka yang akan terpilih sebagai ketum nantinya. Khususnya soal pengembangan sepak bola usia muda.
 
Setidaknya hal itu disampaikan oleh pengamat sepak bola Indonesia Anton Sanjoyo. Ia menilai pemimpin ideal PSSI adalah sosok yang bisa memperhatikan pengembangan sepak bola usia muda.
 
"Ini sudah permasalahan lama. Kami butuh sosok pemimpin yang tahu arah ke mana perkembangan sepak bola kami ini harus dibawa," ujar Anton saat ditemui di kantor Metro TV, Jakarta, Jumat (25/10/2019).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Mereka tahu sebetulnya bahwa membangun sepak bola harus melalui akar permasalahannya. Harus melalui kompetisi dini di akademi-akademi. Tetapi, itu tidak pernah dilakukan. Butuh kepemimpinan kuat untuk mengajak para exco dan para voters, untuk menggelar kompetisi usia muda di berbagai asprov," tambahnya.
 
"Seburuk-buruknya kompetisi dan turnamen, pasti ada manfaatnya. Hasilnya pasti tetap ada ketimbang tidak ada turnamen sama sekali. Nah, ini yang tidak pernah menjadi pertimbangan ketua umum PSSI, siapa pun itu, bahkan sejak kepemimpinan Nurdin Halid," tutur Anton.
 
Lebih lanjut, Anton juga meminta agar ketum yang terpilih nantinya bisa memerankan jabatannya dengan baik. Termasuk dalam pengawasan tugas-tugas jajaran di bawahnya.
 
"Mereka hanya menikmati posisinya sebagai anggota eksekutif di PSSI. Karena, begitu mereka menjadi anggota exco dan menjadi ketum, mereka mendapat hak istimewa. Hak istimewa itu sebetulnya akses untuk berbuat sesuatu. Sayangnya, mereka menggunakannya untuk kepentingan pribadi," papar Anton.
 
PSSI telah menetapkan 11 nama sebagai caketum mereka. Mereka akan saling beradu visi misi dalam kampanye yang dijadwalkan pada 24 hingga 30 Oktober, demi memimpin induk organisasi sepak bola Tanah Air itu.
 
Ke-11 calon itu di antaranya adalah Arif Putra Wicaksono, Aven S. Hinelo, Benhard Limbong, Benny Erwin, Fary Djemy Francis, La Nyala Mahmud Mattaliti, Mochamad Iriawan, Rahim Soekasah, Sarman, Vijaya Fitriyasa, dan Yesayas. Nantinya, mereka akan dipilih melalui pemungutan suara yang akan digelar pada Kongres Luar Biasa (KLB), 2 November.
 

Video: Southampton 0-9 Leicester City, Masuk dalam Buka Sejarah Liga Inggris
 

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif