Iwan Budianto (kiri) bersama Joko Driyono (tengah), dan Ratu Tisha dalam Kongres PSSI 2019 (Foto: Antara/Nyoman Budhiana)
Iwan Budianto (kiri) bersama Joko Driyono (tengah), dan Ratu Tisha dalam Kongres PSSI 2019 (Foto: Antara/Nyoman Budhiana)

PSSI Gelar KLB pada 13 Juli 2019

Bola pssi Kongres Luar Biasa PSSI
Patrick Pinaria • 02 Mei 2019 22:39
Jakarta: Jadwal menggelar Kongres Luar Biasa sudah disiapkan Asosiasi Sepak bola Indonesia (PSSI). Mereka berencana untuk menggelar KLB pada 13 Juli 2019. Sementara Kongres Pemilihan bakal digelar Januari 2020.
 
Terdapat tiga agenda yang akan dibahas dalam KLB tersebut. Di antaranya adalah revisi statuta PSSI, revisi kode pemilihan PSSI, dan memilih anggota baru untuk komite pemilihan dan komite banding pemilihan.
 
Menurut Pelaksa tugas (Plt) Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, keputusan menggelar KLB ini sesuai dengan arahan dari Federasi Sepak bola Dunia (FIFA).

Baca: Resmi, Iwan Budianto Jabat Plt Ketum PSSI


"Pelaksanaan KLB ini sesuai dengan saran dan masukan dari FIFA yang disampaikan ke PSSI melalui surat resminya SG/nak/Ini tanggal 24 April 2019 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal FIFA. PSSI secara intens berkomunikasi dengan FIFA, tak hanya terkait soal KLB, tetapi juga program dan masalah organisasi lainnya," ujar Iwan usai mengikuti rapat Komite Eksekutif PSSI, Kamis (5/2/2019).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Ada beberapa pertimbangan PSSI memilih 13 Juli untuk dilaksanakan KLB. Terutama adalah berkaitan dengan waktu proses revisi Statuta PSSI dan Kode Pemilihan PSSI yang akan disampaikan di KLB nanti.
 
Untuk proses tersebut, PSSI setidaknya butuh waktu satu bulan. Terhitung dari 12 Mei hingga 12 Juni. Selama itu, mereka akan membahas revisi itu dengan berkomunikasi bersama FIFA.

Baca: Persib Rancang Program Latihan Selama Ramadan


Lebih lanjut, Iwan juga mengungkapkan FIFA memberikan saran kepada PSSI untuk menggelar Kongres Biasa Pemilihan pada Januari 2020. Kongres tersebut digelar untuk memilih 15 Komite Eksekutif PSSI, di antaranya Ketua Umum dan dua Wakil Ketua Umum, serta 12 anggota. Komite Eksekutif baru yang terpilih akan bekerja untuk empat tahun periode sampai tahun 2024.
 
“Komunikasi kami dengan FIFA, intinya FIFA ingin PSSI untuk tetap menjalankan programnya sesuai time line, seperti kompetisi dan program FIFA Forward yang terdiri dari Pengembangan pelatih dan pemain melalui FILANESIA dan Pengembangan Wasit. Terlebih lagi, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah untuk kualifikasi Piala AFC U16 dan U19. Karena itu, Kongres Biasa Pemilihan akan dilaksanakan pada 25 Januari 2020, lebih cepat dari masa jabatan yaitu November 2016-November 2020,” jelas Iwan.
 

Video: Petuah Van Gaal untuk Masa Depan Kapten Ajax
 

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif