Anggota kepolisian berjaga di depan kendaraan taktis milik Brimob Polri yang disiagakan saat pengamanan Final Piala Indonesia 2019. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)
Anggota kepolisian berjaga di depan kendaraan taktis milik Brimob Polri yang disiagakan saat pengamanan Final Piala Indonesia 2019. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Polisi: Hoaks, Final Piala Indonesia Ditunda karena Alasan Keamanan

Bola Piala Indonesia
Muhammad Syawaluddin • 28 Juli 2019 21:24
Makassar: Kombes Pol Dicky Sondani menilai penundaan leg 2 final Piala Indonesia karena alasan keamanan adalah hoaks. Dia menegaskan, pihaknya justru sangat siap mengamankan pertandingan yang mempertemukan PSM Makassar dengan Persija Jakarta tersebut.
 
"Kalau ada pihak yang menyatakan situasi tidak aman itu adalah hoaks," kata Dicky di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/7/2019).
 
Dijelaskan Dicky lebih lanjut, Polda Sulawesi Selatan sudah menurunkan sebanyak 4.000 personel yang didatangkan dari beberapa daerah, tak terkecuali Polrestabes Makassar, Polres Gowa, Polres Pangkep, Polres Maros, Polres Takalar, dan Polres Pelabuhan. Semua itu dilakukan demi keamanan laga.

Klik:Laga PSM vs Persija Ditunda, Calo Tiket Tetap Berkeliaran


Menurutnya, kinerja polisi bisa terlihat dengan meredam kekecewaan para suporter yang gagal menyaksikan pertandingan. Seluruh suporter tuan rumah, katanya, sudah pulang secara tertib tanpa ada keributan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Polda Sulsel berhasil meredam kekecewaan penonton yang sudah membayar karcis dan mereka pun pulang tanpa berbuat anarkis," ungkap Dicky.
 
Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Dwi Ariwobowo, juga menyebutkan pihaknya siap mengamankan pertandingan dengan ekstra ketat. Dia sudah menurunkan 2.500 personel gabungan untuk memastikan laga berjalan dengan aman.
 
Ribuan personel yang diturunkan itu merupakan gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP. Para penonton yang ingin masuk stadion juga wajib melewati sejumlah pos pemeriksaan yang telah disiapkan.

Klik:PSSI Didesak Gelar Pemilihan Ketum Baru pada November


Jangankan berbuat ricuh, tegas Dwi, penonton tanpa karcis dan membawa barang terlarang bakal langsung ditindak. Jadi, pihak kepolisian memang sudah siap mengamankan pertandingan.
 
"Kita akan beri pengamaan ektra di beberapa pintu masuk, baik di luar dan dalam stadion. Kita juga imbau suporter agar tidak membawa flare, mercon dan lain-lain. Karena itu bisa merugikan klub kebanggaan kita bersama," jelasnya.
 
Sekadar informasi, panitia pertandingan menunda laga leg 2 final Piala Indonesia sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. Keputusan itu terpaksa diambil seluruh pihak terkait, termasuk PSSI, PSM dan Persija karena bus para pemain Persija dilempari batu seusai berlatih.
 

 

(KAU)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif