COO PT Liga Indonesia Baru (operator Liga 1), Tigor Shalom Boboy. (Medcom.id/Rendy Renuki H)
COO PT Liga Indonesia Baru (operator Liga 1), Tigor Shalom Boboy. (Medcom.id/Rendy Renuki H)

LIB tak Masalah Liga 1 2019 Hanya Diikuti 10 Klub

Bola liga 1 indonesia
Rendy Renuki H • 16 Januari 2019 23:02
Jelang Liga 1 2019, baru 10 klub yang lolos verifikasi dan punya lisensi profesional AFC. Sejalan dengan BOPI, PT LIB tidak keberatan jika Liga 1 hanya diikuti 10 klub.
 
Jakarta: PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1 tak masalah kompetisi 2019 hanya diikuti 10 klub. Pasalnya dari 18 klub peserta Liga 1, sejauh ini baru 10 klub saja yang telah lolos verifikasi dan mengantongi lisensi klub profesional AFC.
 
Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) sempat menegaskan akan lebih ketat soal aturan verifikasi klub. Badan di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ingin setiap klub peserta lolos verifikasi untuk berkompetisi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena suatu kompetisi, liga dan juga klubnya menurut undang-undang harus melalui kami untuk mendapatkan verifikasi untuk berkompetisi," Ketua BOPI Richard Sambera di tayangan Narasi TV, 11 Januari.
 
"Oleh karena itu, komitmen kita misalnya kalau memang 10 klub yang layak untuk tampil di kompetisi, ya itu saja," sambungnya.

Baca:PSM Perpanjang Kontrak Marc Klok Hingga 2023


LIB pun menanggapi positif pernyataan BOPI. COO PT LIB, Tigor Shalom Boboy, mengatakan sejalan dengan pernyataan BOPI tersebut dan tidak keberatan jika memang Liga 1 2019 hanya diikuti 10 klub.
 
"Itu kan sistemnya sama, yakni lisensi klub. Kita punya 10 klub (yang lolos verifikasi dan punya lisensi profesional AFC), kalau mau ikut mereka (BOPI) 10 klub itu yang boleh berkompetisi, ya kita ikut," kata Tigor kepada Medcom.id saat ditemui, Rabu 16 Januari.
 
"Jadi sebenarnya tidak ada masalah dengan yang diminta oleh BOPI. Mereka juga tahu standar yang kita terapkan itu standar tinggi. Kita sama-sama bekerja menentukan klub yang memang verified ya kita tentukan itu," lanjut Tigor.
 
Tigor yang juga menjabat Kepala Departemen Lisensi Klub PSSI memang telah menjalankan proses verifikasi untuk mendapatkan lisensi klub profesional AFC sejak April 2018 lalu. Setelah melewati enam bulan proses, diputuskan 10 dari 18 klub Liga 1 2018 mendapatkan lisensi klub profesional AFC.
 
Berikut daftar 10 klub yang lolos verifikasi dan punya lisensi profesional AFC:
1. Persib Bandung
2. Persija Jakarta
3. Arema FC
4. PSM Makassar
5. Madura United
6. Barito Putera
7. Bali United
8. Persipura Jayapura
9. Borneo FC
10. Bhayangkara FC
 

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi