Mochamad Iriawan (Foto: AFP/Rommy Pujianto)
Mochamad Iriawan (Foto: AFP/Rommy Pujianto)

Profil Mochamad Iriawan, Ketum PSSI Baru

Bola pssi kongres pssi Kongres Luar Biasa PSSI
Patrick Pinaria • 02 November 2019 15:19
Jakarta: Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule resmi menjadi ketua umum PSSI periode 2019-2023. Itu terjadi setelah memenangkan voting Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu 2 November.
 
Iwan awalnya harus bersaing dengan sepuluh calon lain. Namun, pesaingnya perlahan berkurang. Dimulai dari pengunduran diri La Nyalla Mattalitti dan Bernhard Limbong yang kemudian berlanjut keenam calon lainnya ketika KLB bergulir.
 
Dalam proses pemungutan suara KLB Pemilihan PSSI, Iwan menang mutlak dari dua calon lainnya, yakni Arif Putra Wicaksono dan Rahim Soekasah. Sesuai hasil, ia mendapatkan 82 suara dari total 86 pemegang hak suara (voters).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Terdapat 82 suara karena empat voters dinyatakan tidak sah. Tiga suara di antaranya tidak mengikuti proses pemilihan Ketua Umum, sedangkan satu satu sisanya mundur saat KLB.
 
Kepastian Iwan menjadi ketua umum PSSI mungkin menimbulkan tanda tanya besar. Maklum, namanya lebih tenar di dunia kepolisian ketimbang di persepakbolaan nasional.
 
Selama berkarier di kepolisian, Iwan kerap bertugas dalam bidang reserse kriminal. Beberapa kasus besar pernah ditanganinya ketika ia menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Salah satunya yang paling diingat adalah menangani kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen. Dalam kasus itu pula mantan ketua KPK Antashari Azhar terlibat dan menjadi tersangka.
 
Saat ini, jabatan utama Iriawan adalah Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional. Ia sudah menerima jabatan tersebut sejak 8 Maret 2018.
 
Meski sudah kental pengalaman di bidang kepolisian, Iriawan bukan berarti buta dunia sepak bola. Sebab, ia juga pernah tergabung dalam jajaran direksi PT. Persib Bandung Bermartabat (PBB).
 
Iwan kini sudah dinanti tugas-tugas penting PSSI. Terutama berbagai agenda tim nasional Indonesia, baik di kelompok usia hingga senior. Salah satunya adalah persiapan Piala Dunia U-20 2021.
 

Video: Persebaya Bermain Tanpa Dukungan Suporter Hingga Akhir Musim
 

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif