Ilustrasi by medcom.id
Ilustrasi by medcom.id

Jadwal Liga 1 2019 Diundur

Bola liga 1 indonesia
Muhammad Al Hasan • 24 April 2019 17:34

Direktur PT LIB, Dirk Soplanit mengonfirmasi bahwa jadwal Liga 1 2019 diundur. Berdasarkan hasil rapat, kick-off Liga 1 2019 direncanakan dimulai pada 15 Mei atau mundur sepekan dari jadwal yang direncanakan sebelumnya yakni 8 Mei.

Jakarta: Para perwakilan klub Liga 1 menggelar rapat dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Hotel Sultan pada Rabu 24 April 2019. Salah satu pembahasan di dalam rapat itu ialah kemungkinan mundurnya jadwal kick-off Liga 1. Jadwal diperkirakan diundur sepekan atau baru akan dilakukan pada 15 Mei.
 
"Saya sengaja menampilkan apa adanya. Pertama, teman-teman semua menjaga bahwa PSSI dalam kondisi tidak kondusif. Pucuk pimpinan tidak ada," kata Direktur Utama PT LIB Dirk Soplanit di Hotel Sultan.
 
"Kemudian jeda waktu sangat singkat. Yang lalu kan kompetisi 23 maret dan sekarang tertunda sampai 8 mei dan sudah ada keputusan tunda lagi," tambah Dirk.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Dirk mengungkapkan, bahwa keputusan ini mundur ini bukan karena ketidakmampuan PT LIB sebagai operator Liga. Namun, lebih didorong oleh keinginan klub-klub peserta Liga yang menginginkan adanya perubahan jadwal.
 
"Dibilang kurang kondusif juga tidak, tapi pertama, ini permintaan klub sendiri untuk mengantisipasi. Kedua, membuka peluang untuk kita melakukan pembicaraan pihak sponsor supaya ada tambahan. Intinya di situ. Jadi persoalannnya cuma itu, jadi ya nanti teman-teman jangan sampai berpendapat, wah LIB dan PSSI tak mampu lagi, sehingga tunda-tunda," tegas Dirk.

Baca: Faktor yang Membuat Ceres Kalahkan Persija

Dirk kemudian mengutarakan alasan-alasan yang diungkapkan klub di rapat tersebut sebagai dasar pertimbangan perubahan jadwal. Dirk bilang, masing-masing klub memiliki alasannya seperi diantaranya terkait masalah transportasi Persipura dan juga jadwal padat Persija.
 
"Jadwal kita ubah dulu, mungkin kita revisi semua karena ada jadwal yang sudah dikirim ke klub, ada 4 surat masuk ke LIB dengan usulan-usulan mereka. Seperti misalnya dari Persipura. Mereka usulkan, kalau bisa, mereka home dua kali away dua kali. Bukan satu tempat away-nya. Yang penting ketika mereka keluar dari Persipura, laga di sekitar Jawa kan enak, beban masih ringan. Daripada kembali baru datang lagi. Beban memang berat," sambung Dirk.
 
"Kemudian Persija, pemenang musim lalu kan Persija. Kalau jalan tanggal 15 kemungkinan ada persoalan Persija. Mereka ada jadwal pertandingan. Nanti kita aturlah gimana," lanjut Dirk.
 
"Tadi semua sama-sama memahami karena kita juga sudah berbicara terbuka bahwa tidak semua klub memiliki kekuatan yang sama, sehingga kalau ada usulan klub-klub tertentu kita terima dengan baik," paparnya.
 
Kendati demikian, Dirk menjamin jadwal tetap akan usai pada Desember 2019. Ia juga memastikan, penundaan jadwal kick-off jadwal hanya terjadi untuk Liga 1.
 
"Liga 2 Juni mulainya, kalau tidak salah 15 juni. Tidak mundur itu. Cuma Liga 1 aja," kata Dirk.
 
Video: Sempat Unggul, Persija Takluk 2-3 Dari Ceres-Negros
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif