NEWSTICKER
Martunis Sarbini. (Foto: dok. AFP)
Martunis Sarbini. (Foto: dok. AFP)

Ketika Tsunami Mengubah Nasib Martunis

Bola Kenduri Kebangsaan
Alfa Mandalika • 20 Februari 2020 22:19
MARTUNIS Sarbini menjadi korban selamat dari peristiwa tsunami yang menggulung Banda Aceh pada 26 Desember 2004. Sudah 16 tahun berlalu, bagaimana kabar Martunis sekarang?
 
Martunis baru-baru ini mengabarkan akan mengakhiri masa lajangnya. Pemuda 22 tahun itu sudah melamar sang kekasih, Sriwahyuni. Kini, Martunis tinggal menunggu waktu untuk menjalani akad dan resepsi pada Februari 2020.
 
Namun, masih banyak kisah menarik yang dialami oleh anak angkat Cristiano Ronaldo ini. Berikut ini beberapa momen menarik yang pernah dilalui Martunis.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Selamat dari Tsunami dan diangkat anak oleh Cristiano Ronaldo
Banda Aceh sempat diguncang tragedi tsunami pada 26 Desember 2004. Kala itu, Martunis hendak bermain sepak bola bersama teman-temannya di Desa Tibang, Banda Aceh. Tiba-tiba, terjadi gempa berkekuatan 9,1 skala Richter (SR) dan disusul gelombang tsunami.
 
Martunis sempat menyelamatkan diri bersama ibu, kakak, dan adiknya dengan menumpang mobil pick up. Akan tetapi, setelah mobil tergulung tsunami, Martunis terpisahkan dengan keluarganya. Setelah terapung di atas sebatang kayu, Martunis baru ditemukan pada 15 Januari 2005 di rawa dekat makam Teungku Syiah kuala. Sedangkan ibu, kakak, dan adiknya tak terselamatkan. Ayah Martunis, Sarbini, selamat dari tsuanmi lantaran sedang bekerja di tambak.
 
Ketika ditemukan, Martunis langsung menghebohkan dunia. Sebab, dia mengenakan baju timnas sepak bola Portugal. Tidak ayal, Martunis menyita perhatian pesepak bola Portugal, tak terkecuali Cristiano Ronaldo.
 
Singkat cerita, Ronaldo memutuskan mengunjungi dan mengangkat Martunis sebagai anaknya pada 2005. Martunis pun sempat ke Portugal ditemani sang ayah pada Juni 2005 karena diundang oleh Federasi Sepak Bola Portugal. Ketika itu, Martunis juga mendapatkan santunan sebesar 40 ribu euro atau sekitar Rp500 juta.
 
Trial di Sporting Lisbon
Menjadi anak angkat Ronaldo, Martunis sempat mencicipi trial di klub Portugal, Sporting Lisbon saat dirinya berusia 18 tahun. Sporting adalah klub tempat Ronaldo merintis karier sejak usia 12 tahun.
 
Martunis bergabung dengan tim akademi U-19 Sporting Lisbon. Namun, karena sulit menyesuaikan diri, Martunis akhirnya kembali lagi ke Indonesia.
 
“Kebetulan saat itu saya sudah terlambat, harusnya saya perginya saat umur delapan tahun, tapi saya pergi saat umur 18 tahun jadi agak susah, agak telat. Kalau di Eropa itu pas usia delapan tahun pencarian bakat sepak bola, kalau 18 tahun sudah telat karena otot kita sudah keras,” jelas Martunis akun Youtube pribadinya.
 
Kini, Martunis tidak aktif sebagai pesepak bola. Dia mulai mencoba menjadi Youtuber dan sudah memiliki lebih dari 100 ribu pengikut.
 
Berharap Ronaldo datang di hari bahagianya
Martunis bakal melangsungkan pernikahan pada Februari 2020. Dia melamar kekasihnya Sriwahyuni di Jeunieb, Aceh.
 
Akan tetapi, Martunis belum bisa memastikan apakah ayah angkatnya akan datang.
 
"Insya Allah dia akan datang jika dia tidak sibuk," kata Martunis saat itu.
 
Well, apakah Ronaldo akan menghadiri pesta pernikahan anak angkatnya? kita tunggu saja.
 
Video: Jelang PON 2020, Klub Basket Selebriti Jajal Mimika Sport Complex
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif