Aksi striker Persib Ezechiel Ndouasel (kanan) melepaskan tembakan ke gawang PSM (Foto: Antara/M Agung Rajasa)
Aksi striker Persib Ezechiel Ndouasel (kanan) melepaskan tembakan ke gawang PSM (Foto: Antara/M Agung Rajasa)

Liga 1 Indonesia 2019

Hantam PSM, Persib Beri Kado Perpisahan Manis buat Hariono

Bola persib liga indonesia psm makassar liga 1 indonesia
Patrick Pinaria • 22 Desember 2019 20:23
Soreang: Persib Bandung tampil perkasa saat menjamu PSM Makassar pada laga terakhir Liga 1 Indonesia 2019, Minggu 22 Desember sore hari WIB. Tanpa ampun, Maung Bandung menghantam tim tamu dengan skor telak 5-2.
 
Bertanding di hadapan mayoritas fannya, Stadion Si Jalak Harupat, Persib tampil percaya diri. Statistik mencatat merkea bermain dengan penguasaan bola sebanyak 60 persen berbanding 40 persen dari milik PSM.
 
Persib juga tampil tajam di depan gawang PSM. Tercatat, tim besutan Robert Rene Alberts tersebut melepaskan lima tembakan mengarah ke gawang. Sedangkan PSM hanya menciptakan dua tembakan mengarah ke gawang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Meski demikian, Persib sempat kecolongan terlebih dulu pada awal babak pertama. Tepatnya pada menit keenam. Berawal dari pergerakan Muhammad Rizky Pratama dari sayap kanan. Ia kemudian melepaskan umpan tarik yang berhasil diselesaikan Ferdinand Sinaga dengan sentuhan kaki kirinya.
 
Ketinggalan tak membuat para pemain Persib mengendur. Mereka langsung tampil agresif. Hingga akhirnya, Maung Bandung sukses menyamakan kedudukan hanya selang semenit. Gol Persib itu dicetak oleh Ezechiel N'Douassel.
 
Supardi Nasir melepaskan umpan lambung dari luar kotak penalti. Bola berhasil dikontrol baik dengan N'Douassel yang sudah berdiri di dalam kotak sebelum melepaskan tembakan keras ke atas gawang.
 
Persib makin percaya diri. Pada menit ke-32, mereka sukses membalikkan keadaan menjadi 2-1. Ezechiel kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah meneruskan umpan dari Febri Haryadi.
 
Hingga turun minum, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Skor 2-1 untuk keunggulan Persib bertahan.
 
Memasuki babak kedua, Persib masih mendominasi permainan. Alhasil, mereka sukses memperbesar skor pada menit ke-67 lewat gol penalti Hariono. Kesempatan penalti didapat Persib setelah bek PSM Beny Wahyudi melakukan pelanggaran keras terhadap Febri sehingga terjatuh di dalam kotak.
 
Selang tiga menit, Persib kembali memaksa kiper PSM Hilman Syah memungut bola. Lagi-lagi, gol dicetak oleh Ezechiel yang memanfaatkan umpan Hariono.
 
PSM berupaya bangkit. Pada menit ke-73, mereka sukses memperkecil ketinggalan lewat gol Raphael Maitimo. Ia melepaskan sundulan setelah mendapat umpan dari Asnawi Mangkualam Bahar.
 
Persib langsung merespons. Mereka kembali menggempur pertahanan PSM. Hasilnya, Persib memperlebar skor pada menit ke-83 lewat gol Ezechiel.
 
Hingga laga usai, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Persib memastikan kemenangan atas PSM dengan skor 5-2.
 
Dengan hasil ini, Persib finis di posisi kelima klasemen akhir Liga 1 Indonesia 2019 dengan mengoleksi 51 poin. Sedangkan PSM harus puas finis di posisi ke-12 dengan mengoleksi 44 poin.
 
Kemenangan pada laga terakhir ini sekaligus menjadi kado perpisahan manis buat gelandang Persib Hariono. Sebab, ia dipastikan hengkang dari Maung Bandung pada musim 2020.
 

Susunan pemain:
 
Persib Bandung: Made Wirawan, Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Zalnando, Indra Mustafa/Henhen Herdiana (80'), Esteban Vizcarra, Dedi Kusnandar, Omid Nazari, Ghozali Siregar/Hariono (69'), Febri Haryadi, Ezechiel N'Douassel.
 
PSM Makassar: Hilman Syah, Beny Wahyudi/M. Taufik Hidayat (75'), Hasim Kipuw, Raphael Maitimo, Asnawi Mangkualam, Rasyid Bakri/Takwir Rahman (75'), Rizky Pellu, Muhammad Arfan/Muhammad Syamsuddin Rachmat (75'), Ferdinand Sinaga, Ezra Walian, Muhammad Rizky Pratama.
 

Video: Soroti Kampanye Antirasisme Serie A, Yaya Toure Beberkan Diskriminasi di Sepak Bola
 

 

(KAH)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif