Pelatih baru Persija Jakarta, Sergio Farias (Dok. Persija)
Pelatih baru Persija Jakarta, Sergio Farias (Dok. Persija)

Rekam Jejak Pelatih Baru Persija: Pernah Menukangi Juventus

Bola liga 1 indonesia
Rendy Renuki H • 13 Januari 2020 00:24
Jakarta: Persija Jakarta resmi menunjuk Sergio Farias sebagai pelatih baru mereka. Rekam jejak Farias pun cukup mentereng, terutama di negara asalnya, Brasil dan di Asia.
 
Total sudah 20 tim yang telah ditanganinya sebelum bergabung dengan Persija. Pelatih 52 tahun itu tercatat pernah membawa Timnas Brasil U-17 juara Campeonato Sul Americano 2000 lalu.
 
Ia juga pernah menukangi tim tim Liga Brasil, salah satunya Clube Atletico Juventus. Tim muda Santos FC pun sempat dibesut Farias di awal kariernya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Malang melintang di Brasil, Farias akhirnya mendapatkan penghargaan pelatih terbaik keempat pada 2004. Usai itu, ia hengkang ke Korea Selatan membesut Pohang Steelers.
 
Puncak prestasinya terjadi bersama klub Liga Korea (K-League) tersebut. Pohang dibawanya menjadi kampiun K-League 2007, setelah sebelumnya memenangi Korean FA Cup pada 2008.
 
Gelar mentereng lainnya juda didapatkan Farias bersama Pohang. Tercatat, gelar Liga Champions Asia 2009 menjadi puncak prestasinya, juga membawa Pohang meraih juara ketiga Piala Dunia Antarklub di tahun yang sama.
 
Farias pun tercatat pernah menjadi pelatih dua klub top Asia. Klub tersebut tak lain adalah Al-Ahli (Arab Saudi) dan Al Hilal (Sudan).
 
Klub terakhir yang diarsiteki pelatih terbaik K-League 2007 itu adalah Gaish SC. Klub asal Mesir tersebut dibawanya finis di urutan delapan musim lalu.
 
Sederet prestasi itu yang membuat manajemen Persija tertarik mendatangkannya. Pelatih bernama lengkap Sergio Ricardo de Paiva Farias itu pun diikat kontrak semusim dengan opsi perpanjangan.
 
"Kami resmi teken kontrak dengan Sergio Farias sebagai pelatih Persija untuk kompetisi tahun ini. Rekam jejaknya yang bagus, membuat Persija tertarik merekrutnya," ujar presiden Persija, Ferry Paulus.
 
Namun, Farias belum bisa memimpin latihan perdana Persija, Senin 13 Januari di Lapangan PS AU Halim Perdanakusuma Jakarta. Ia masih berada di negaranya mengurusi visa.
 
"Nanti asisten pelatih Sudirman bersama staf pelatih Persija akan memimpin latihan perdana. Setelah masalah administrasi selesai, ia akan bergabung dengan tim secepatnya," kata Ferry Paulus.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif