Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan (kanan). (Foto: medcom.id/Daviq Umar)
Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan (kanan). (Foto: medcom.id/Daviq Umar)

Piala Gubernur Jatim

Coach RD: Strategi Madura United Bukan Coba-coba

Bola persija Madura United
Daviq Umar Al Faruq • 18 Februari 2020 10:31
Malang: Madura United kalah dari Persija Jakarta pada laga semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Senin 17 Februari 2020. Pada laga ini, Madura United kalah tipis 1-2.
 
Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan mengatakan, meski skuatnya kalah, dia tetap puas dengan penampilan para pemainnya. Sebab dalam laga ini, Madura memainkan skema yang berbeda dari sebelumnya.
 
Bila biasanya, Madura menggunakan skema formasi 4-3-3, dalam laga ini formasi diubah menjadi 4-4-2. Coach RD, sapaan akrabnya, menempatkan dua gelandang bertahan di lini tengah tim berjuluk Sappe Kerap ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Pertandingan secara keseluruhan berjalan menarik. Jujur ini pertama kali membuat skema berbeda dan saya cukup puas dari sisi penampilan. Tapi dari segi hasil saya tidak puas," katanya usai laga.
 
Meski begitu, Rahmad membantah bila dirinya dinilai bereksperimen pada laga semifinal kali ini. Sebab diakuinya, skema ini telah dicoba dengan baik saat latihan dan melalui analisis yang matang.
 
"Persija bermain bagus dan kami mencoba formasi itu. Kami lebih mendominasi pertandingan bisa dilihat statistik, saya bukan coba-coba, ini sudah diterapkan di latihan dan sudah berulang kali disimulasikan," bebernya.
 
"Toh kalau coba-coba ini turnamen pra musim bukan Liga resmi jadi kan boleh untuk mencoba strategi baru," imbuhnya.
 
Rahmad menambahkan, secara statistik skuatnya tidak kalah dari segi penciptaan peluang gol dibanding Persija. Bahkan, Greg Nwokolo dan kawan-kawan pun dinilai begitu mendominasi pertandingan hingga menit akhir.
 
"Kami lebih banyak mendominasi permainan. Ada lima peluang emas yang meleset dan bisa diantisipasi kiper lawan. Lalu babak kedua terjadi kelengahan saat situasi serangan lawan dari sisi sayap dan berakibat fatal," pungkasnya.
 
Dengan hasil laga ini, Persija Jakarta sukses melangkah ke babak final Piala Gubernur Jatim 2020. Pada babak final, tim berjuluk Macan Kemayoran ini akan menghadapi pemenang dalam laga semifinal lainnya yang mempertemukan Persebaya Surabaya kontra Arema FC di Stadion Gelora Soeprijadi, Blitar, Selasa 18 Februari 2020.
 
Video: Jelang PON 2020, Klub Basket Selebriti Jajal Mimika Sport Complex
 

(ASM)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif