Logo Liga 1 Indonesia 2018 (Foto: Andi/Medcom.id)
Logo Liga 1 Indonesia 2018 (Foto: Andi/Medcom.id)

Zulham Zamrun Selamatkan PSM dari Kekalahan

Bola liga 1 indonesia
Kautsar Halim • 16 November 2018 18:00
Makassar: PSM Makassar berhasil bangkit saat menjamu Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1, Jumat 16 November 2018. Sempat tertinggal dua gol, skuat Juku Eja sukses menyamakan kedudukan dan memaksakan hasil imbang 2-2.
 
Jalannya pertandingan berlangsung sengit di Stadion Andi Mattalatta yang menjadi markas PSM. Persija selaku tim tamu malah mampu unggul dua gol lebih dulu pada babak pertama.
 
Jaimerson da Silva langsung membawa Persija unggul ketika laga baru bergulir delapan menit. Bola berhasil ia sontek ke dalam gawang setelah menerima assist sundulan Gunawan Dwi Cahyo.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Klik:Juve Pertimbangkan Gaet Asensio
 
Jaimerson dan Gunawan merupakan bek tengah Persija. Mereka turut membantu serangan karena timnya sedang mendapat peluang tendangan bebas.
 
PSM sebagai tuan rumah berinisiatif meningkatkan intensitas permainan ketika tertinggal. Tapi permainan agresif yang ditunjukkan malah sering menjadi pelanggaran dan memberi keuntungan bagi Persija.
 
Menginjak menit ke-28, Abdul Rahman yang merupakan bek PSM mencetak gol bunuh diri dengan sundulan. Prosesnya terjadi ketika ingin membuang bola hasil tendangan bebas Renan Silva yang melengkung ke arah gawang.
 
Klik:Diminati United, Dybala Tegaskan Bahagia di Juventus
 
Pelatih PSM, Robert Rene Albert, mengambil keputusan untuk memainkan Zulham Zamrun dan Ferdinand Sinaga ketika babak kedua baru bergulir lima menit. Tujuannya tak lain untuk mempertajam lini serang.
 
Berselang sekitar 10 menit kemudian, PSM pun sukses mencetak gol balasan lewat sundulan Rizky Pellu pada menit ke-61. Bola bisa dia tanduk setelah menerima umpan tendangan sudut Zulkifli Sukur.
 
Agar lebih gencar menggedor pertahanan Persija, Asnawi Mangkualam juga dimainkan untuk menggantikan Pellu pada menit ke-65. Strategi ini juga terbukti ampuh karena membuat serangan PSM makin bervariasi.
 
Kendati demikian, gol penyelamat PSM baru lahir lewat sepakan kaki kanan Zulham Zamrun pada menit ke-77. Terciptanya gol itu tak lepas dari kesalahan bek Persija yang gagal mengontrol bola di area penalti.
 
Sesekali, Persija masih tetap memberikan perlawanan lewat serangan balasan atau bola mati. Tapi, penyelesaian akhir yang dilakukan para pemainnya selalu tidak sempurna. Skor imbang 2-2 bertahan hingga laga berakhir.
 
Hasil imbang ini membuat PSM tetap kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 54 poin. Sementara itu, Persija berhak naik ke urutan dua karena sudah memiliki 50 poin. Tabungan poin Macan Kemayoran hanya berselisih satu angka saja dengan Persib Bandung yang berada di bawahnya.
 
Susunan Pemain
 
PSM Makassar: Mokodompit, Paulle, Syukur, Sulaeman, Adi, Pluim, Pellu (Bahar 65'), Klok, Saldi (Zamrun 51'), Guy Junior (Sinaga 52'), Rachmat.
 
Persija Jakarta: Ginanjar, Sofyan (Septianus 87'), Jaime, Cahyo, Setiawan, Hehanusa, Lestaluhu (Kogoya 81'), Chand, Renan Silva (Yagalo 71'), Sandi, Simic.
 

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi