Hooliganisme Suporter, Klub Wajib Dijatuhi Sanksi
Rekonstruksi pengeroyokan Haringga Sirla di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jawa Barat. (Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi)
Jakarta: Pengamat Sepak Bola Anton Sanjoyo menilai salah satu upaya mencegah berulangnya aksi kekerasan berujung kematian akibat fanatisme suporter adalah menjatuhkan sanksi terhadap klub sepak bola.

Menurut dia ketika klub mendapatkan sanksi keras, suporter yang benar-benar mencintai klubnya akan dengan sekuat tenaga mencegah segala bentuk aksi kekerasan.

"Selama ini sejak kasus Rangga; suporter Persib yang dibunuh orang yang mengaku Jakmania di Gelora Bung Karno tidak ada tindakan apa-apa ke Persijanya sehingga korban terus berjatuhan. Dan di antara Persib dan Persija sudah ada 7 korban," ujarnya melalui sambungan telepon dalam Editorial Media Indonesia, Kamis, 27 September 2018.


Joy mengatakan penghentian sementara liga untuk meredakan suasana tidak menghentikan masalah alih-alih hanya akan membuat industri sepak bola hancur jika terlalu lama dihentikan.

Selama penghentian, ungkapnya, harus ada formula yang tepat dirumuskan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), dan Badan Olahraga Profesional Indonesia (Bopi) untuk mencari cara agar kekerasan tidak terus terjadi; khususnya suporter yang melekat pada klub-klub tertentu saat pertandingan.

"Kalau saran saya hukum keras klub yg tersangkut dalam kasus ini, Persib (misalnya), supaya orang yang merasa betul-betul Bobotoh, mencintai Persib, dia akan sekuat tenaga mencegah terjadinya kebrutalan lagi," kata dia.

Joy menambahkan, yang terjadi pada Haringga Sirla saat laga Persib vs Persija di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, adalah kriminalitas. Bagaimana mungkin korban dipukuli sementara orang lain di sekitarnya hanya merekam dan menonton tanpa bisa mencegah apalagi menolong.

"Mereka bukan Bobotoh menurut saya, mereka kriminal yang tidak mencintai Persib. Kalau mereka mencintai Persib tindakan itu akan dicegah," jelasnya.





(MEL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id