Ridwan Kamil Kecam Tindakan Biadab Oknum Bobotoh
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Antara/BAYU ANGGORO)
Bandung: Kasus suporter tewas kembali terjadi dalam pertandingan kompetisi sepak bola Indonesia. Kali ini menimpa Haringga Sirilla, warga asal Cengkareng yang meninggal jelang laga antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1 Indonesia, Minggu 23 September.

Haringga yang diketahui adalah suporter Persija Jakarta meninggal dikeroyok oleh oknum Bobotoh di area parkir Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Kejadian itu terjadi sekira pukul 13:00 WIB.

Perlakuan oknum bobotoh tersebut membuat geram Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ia mengecam perbuatan biadab yang dilakukan oknum bobotoh tersebut.


"Saya sangat berduka cita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirilla, warga Cengkareng tadi siang. Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yang didapat dengan susah payah," ujar Ridwan Kamil dalam postingan Instagramnya. 

"Bagaimanapun, dalam situasi seperti ini, secara kemanusiaan, saya pribadi memohon maaf kepada keluarga korban dan rekan-rekan The Jak Persija," terangnya. 

Lebih lanjut, mantan wali kota Bandung yang memang turut hadir ke Stadion GBLA ini, meminta pihak berwajib untuk menangkap para pelaku dan mengusut tuntas kasus tersebut.

"Saya sudah meminta kepolisian untuk menangkap dan menghukum seberat-beratnya kepada oknum biadab yang terlibat. Lima tersangka sudah ditangkap dan ditahan di Polrestabes Bandung," lanjut pria yang akrab disapa Kang Emil ini. 

Jenazah Haringga kini sudah berada di Rumah Sakit Sartika Asih untuk dilakukan otopsi.

"Semoga peristiwa ini menjadi pembelajaran untuk kita semua untuk tidak melakukan fanatisme berlebihan, karena merah putih dan Indonesia Raya kita masih sama. Bagi saya lebih baik tidak ada liga sepak bola jika harus mengorbankan nyawa manusia. Hapunten," tutupnya.

Laga antara Persib dengan Persija sendiri berakhir dengan kemenangan tuan rumah dengan skor 3-2. Kemenangan ini membuat Maung Bandung kian kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 44 poin, atau unggul enam poin dari PSM Makassar yang berada di posisi kedua.

Mengintip Kesiapan Venue Asian Para Games 2018




(FIR)