Eduardo Perez Mora. (Foto: medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Eduardo Perez Mora. (Foto: medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Eduardo Perez: Saya Punya Filosofi Sepak Bola Sendiri

Bola liga 1 indonesia PSS Sleman
Ahmad Mustaqim • 16 Januari 2020 13:55
Sleman: Eduardo Perez Mora bersama Luis Mila saat menangani Tim Nasional Indonesia mempertajam sepak bola yang 'hidup'. Tiki-taka jadi salah satu yang berulang kali diperagakan ketika Timnas Indonesia masih diasuh Luis Mila dengan asisten Eduardo Perez.
 
Usai berpisah, Eduardo sempat menjadi asisten di Persija Jakarta. Namun, keberadaannya tak mampu mengangkat performa Persija di Liga 1 Indonesia musim lalu.
 
Kini, Eduardo telah resmi menjadi pelatih kepala di PSS Sleman. Meski lama bersama Luis Mila, Eduardo mengaku memiliki filosofi sendiri untuk melatih Super Elang Jawa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Sebagai pelatih, saya juga punya filosofi sendiri. Saya sangat sangat beruntung memiliki guru yang baik," kata Eduardo di Sleman, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Baginya, Luis Mila sudah seperti orang tua sekaligus guru. Pelatih pemegang lisensi kepelatihan Pro Asia dan UEFA A ini mengatakan, belajar dengan Luis Mila sejak di Spanyol, La Liga, hingga Timnas Indonesia.
 
"Saya memiliki guru-guru yang baik, yang mengajari tentang metodologi (sepak bola). Tapi menurut saya, yang terpenting adalah para pemain yang saya miliki, di mana saya berada sekarang," ujarnya.
 
Eduardo akan berupa memaksimalkan kekuatan yang saat ini ada di PSS. Menurutnya, permainan tika-taka seperti yang pernah diperagakan Luis Milla belum tentu cocok di PSS. Menurut Eduardo, strategi permainan harus menyediakan kondisi pemain.
 
"Saya tak akan memberitahu style (gaya permainan) mana yang saya suka atau yang akan saya mainkan. Pada akhirnya, tiap klub memilki pemain yang berbeda-beda. Pelatihnya perlu menyelaraskan ini.
 
Eduardo akan ditemani tiga asisten untuk menangani PSS Sleman di Liga 1 Indonesia musim 2020. Para asisten itu yakni Danilo Fernando, Suwandi HS, serta Listiyanto Raharjo (sekaligus pelatih kiper).
 
Video: Hadapi Udinese, Ronaldo Absen Akibat Sinusitis
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif