Ilustrasi by Medcom.id
Ilustrasi by Medcom.id

Darurat Korona, Liga 1 Terancam Dihentikan Permanen

Bola Virus Korona liga 1 indonesia
Rendy Renuki H • 28 Maret 2020 05:00
Jakarta: Kompetisi Liga 1 serta Liga 2 musim 2020 terancam dihentikan permanen oleh PSSI. Masa status darurat bencana akibat korona yang diperpanjang pemerintah menjadi alasannya.
 
Alhasil, Federasi sepak bola Indonesia itu menetapkan status force majeur (keadaan kahar) Liga 1 dan Liga 2. Penundaan kedua kompetisi tersebut pun diperpanjang sesuai status darurat korona hingga 29 Mei.
 
Jika pemerintah kembali memperpanjang status darurat korona dari tanggal yang telah ditetapkan tersebut, dipastikan Liga 1 dan Liga 2 akan dihentikan secara permanen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Apabila status darurat bencana tidak diperpanjang pemerintah, maka PSSI menginstruksikan PT Liga Indonesia Baru dapat melanjutkan Liga 1 dan Liga 2 terhitung setelah tanggal 1 Juli," tulis Surat Keputusan PSSI nomor 48/SKEP/III/2020, Jumat 27 Maret.
 
"Apabila pemerintah RI memperpanjang status darurat bencana setelah 29 Mei, dan/atau PSSI memandang situasi belum cukup ideal melanjutkan kompetisi, maka Liga 1 dan Liga 2 2020 akan dihentikan," lanjut surat yang ditandatangani Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.
 
Dalam surat itu pun PSSI menyatakan klub peserta Liga 1 dan Liga 2 dapat melakukan perubahan kontrak kerja dengan pemain, pelatih, dan ofisial. Namun PSSI menyatakan klub harus melakukan pembayaran gaji.
 
Klub peserta diwajibkan membayar gaji bulan Maret, April, Mei dan Juni yang dibayarkan maksimal 25 persen dari kewajiban yang tertera di dalam kontrak kerja.
 
PSSI pun akan mengatur hal-hal teknis terkait penjadwalan, sistem dan format kompetisi, kewajiban klub terhadap pihak ketiga, serta sistem promosi dan degradasi dalam surat keputusan terpisah.
 
Liga 1 2020 sendiri harus terhenti setelah baru berjalan tiga pekan. Persib Bandung menjadi pemuncak klasemen sementara dengan torehan sembilan poin, hasil sapu bersih kemenangan saat melawan Persela Lamongan 3-0, Arema FC 2-1, dan PSS Sleman 2-1.
 

(REN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif