Kapolda DIY, Inspektur Jenderal Ahmad Dofiri (depan) (Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Kapolda DIY, Inspektur Jenderal Ahmad Dofiri (depan) (Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Tujuh Terduga Pelaku Pelemparan Suporter PSS Sleman Ditangkap

Bola PSS Sleman
Ahmad Mustaqim • 23 Januari 2019 19:58
Pelaku masih berstatus pelajar dan berada di bawah umur.
 
Yogyakarta
: Tujuh Terduga pelaku pelemparan suporter PSS Sleman di Jalan Solo Km 12,5 Kalasan ditangkap. Aparat kepolisian menangkap mereka dalam waktu Selasa-Rabu, 22-23 Januari 2019.
 
Kapolda DIY, Inspektur Jenderal Ahmad Dofiri mengatakan polisi sudah memiliki bukti dugaan keterlibatan tujuh orang itu. "Bukti-bukti sudah kuat dari keterangan saksi, hingga rekaman CCTV sepanjang lokasi kejadian,” kata dia di Mapolres Sleman, Rabu, 23 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dofiri menolak menyebutkan inisial terduga para pelaku. Ia menuturkan, sebagian besar teruga pelaku masih berada di bawah umur dan berstatus pelajar.
 
Meski di bawah umur, Dofiri memberikan kode mereka akan tetap diproses hukum akibat meninggalkan suporter PSS bernama Muhammad Asadulloh Alkhoiri, 20. Proses hukum akan melihat sejauh mana peran keterlibatan masing-masing.
 
"Sanksi berat berlaku untuk pelaku utama. Kita ada sistem peradilan anak. Kita akan pilah. Ancaman pidana bisa di atas tujuh tahun," kata dia.


Baca juga: Satgas Antimafia Bola Geledah Rumah Mantan Exco PSSI


Dofiri menyebut terduga pelaku bukan berasal dari kelompok suporter PSS dan Persis Solo. Pelaku yang terbukti terlibat akan dijerat dengan pasal penganiayaan.
 
"Boleh (suporter) fanatik, tapi jangan ada penganiayaan yang berujung proses hukum. Ini peringatan untuk semua suporter," ujarnya.
 
Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Sleman, AKP Anggaito Hadi Prabowo memperkirakan kemungkinan penambahan terduga pelaku. Dari alat bukti dan keterangan yang diperoleh, aparat hingga kini masih melakukan pendalaman.
 
"Ada rekaman CCTV di sepanjang jalan. Tidak menutup kemungkinan (pelaku) bertambah," kata dia.
 
Kasus kematian suporter ini menambah daftar panjang duka dunia sepakbola. Sebab, seorang suporter meninggal juga terjadi pada tahun lalu. Suporter yang merupakan warga Bantul meninggal setelah laga PSIM Yogyakarta melawan PSS Sleman di Stadion Sultan Agung Bantul.
 
Video: Skuat Bertabur Bintang Madura United
 

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi