Liga 1 Indonesia (dok. Medcom.id)
Liga 1 Indonesia (dok. Medcom.id)

Kompetisi Amburadul, Indonesia Disarankan Belajar dari Thailand

Bola liga indonesia
Gregorius Gelino • 15 September 2019 08:00
Jakarta: Pengamat sepak bola nasional, Estu Santoso menyalahkan buruknya jadwal kompetisi Liga 1 Indonesia atas kegagalan timnas Indonesia. Indonesia takluk di kandang sendiri dari Malaysia dan Thailand pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.
 
Menurut Estu, inkonsistensi jadwal kompetisi menyulitkan pelatih Simon McMenemy dalam meramu strategi. Karena itu, ia menyarankan agar PSSI belajar dari Thailand dalam mengelola kompetisi.
 
"Liga Thailand itu biasanya bulan September atau Oktober sudah selesai. Dua minggu sebelum kompetisi selesai, mereka sudah mengumumkan kapan kompetisi mulai dan kapan berakhirnya," tutur Estu kepada medcom.id pada Sabtu (14/9/2019).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Di Indonesia, kompetisi mundur terus. Kemarin (diumumkan) 8 Mei, tapi mundur jadi 15 Mei. Kepastian itu adalah hal yang penting," ujarnya.
 
Estu tidak menampik bahwa Simon memiliki tanggung jawab atas kegagalan timnas. Namun dengan kompetisi yang buruk, kesalahan tidak bisa sepenuhnya dijatuhkan ke pundak pelatih asal Skotlandia tersebut.
 
Estu menilai, padatnya jadwal kompetisi membuat waktu rehat para pemain terpangkas. Selain itu, ada beberapa pemain yang terlambat bergabung dengan pemusatan latihan timnas sehingga mengurangi kekompakan tim.
 
"Timnas kemarin mainnya jelek. Tapi kan itu ada faktor kelelahan, ketidakpastian, dan sebagainya," pungkasnya.
 
Video: Jose Mourinho akan Kembali Melatih Klub
 

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif