Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria (dua dari kanan) saat menghadiri acara Diskusi Sepak Bola yang digagas wartawan sepak bola Indonesia (Foto: medcom.id/Rendy Renuki H)
Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria (dua dari kanan) saat menghadiri acara Diskusi Sepak Bola yang digagas wartawan sepak bola Indonesia (Foto: medcom.id/Rendy Renuki H)

Komdis PSSI Sudah Panggil Terduga Kasus Pengaturan Skor

Bola liga indonesia Pengaturan Skor Sepak Bola
Rendy Renuki H • 30 November 2018 18:57
Jakarta: Komisi Dispilin (Komdis) PSSI telah mengantongi fakta dan bukti kasus pengaturan skor yang terjadi di persepakbolaan Indonesia. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria menyebut Komdis saat ini telah menjalankan proses persidangan kasus tersebut.
 
Menurutnya, dalam persidangan Komdis telah ada pemanggilan pihak yang terkait kasus tersebut. Ia pun menegaskan akan terus menggelar persidangan hingga tuntas, meski saat ini masih belum bisa memberikan update hasil persidangan.
 
"Hal ini bukan seperti kasus Persija-Persib (kasus kematian Haringga Sirila) yang kita kekurangan fakta, dan kemudian harus membentuk tim investigasi untuk mengambil fakta yang ada," kata Tisha dalam acara diskusi dengan awak media di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat 30 November.

Baca:Kasus Pengaturan Skor Sudah Masuk Ranah Komisi Disiplin


"Fakta (kasus pengaturan skor) dan bukti-buktinya sudah cukup, jadi prosesnya sudah dijalankan. Tidak lagi ada pembentukan tim lain lagi karena faktanya sudah cukup, jadi kita tengah melakukan proses persidangan," sambungnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Menurutnya, proses persidangan Komdis PSSI ini bukan lagi tentang investigasi. Namun, sudah masuk ke tahap di mana telah dilakukan pemanggilan pihak terkait yang terlibat dalam kasus pengaturan skor.
 
"Bukan investigasi, tapi prosesnya tengah dijalankan. Maksudnya dijalankan adalah adanya pemanggilan. Kalau diperlukan persidangan kedua atau ketiga kita lakukan, jadi prosesnya tengah dijalankan. Nanti kalau sudah ada hasilnya, pasti kita preskon," tutur Tisha.
 
Komdis PSSI menurutnya bekerja sama dengan beberapa pihak untuk mengumpulkan fakta dan bukti pengaturan skor. Bahkan, menurut Tisha proses pengumpulan fakta dan bukti telah dilakukan jauh sebelum kasus ini ramai diperbincangkan.

Baca juga:Tumbangkan Kukar, Sriwijaya Tinggalkan Zona Merah


"Jauh sebelum merebak di publik, PSSI telah bekerja sama dengan Genius Sport, salah satu partner FIFA untuk mengidentifikasi pertandingan sejak 2017, dari liga tertinggi sampai paling rendah," ujarnya.
 
"Pasal 72 Komite Disiplin, kita sangat memerangi hal-hal demikian. PSSI sudah proaktif jauh sebelum ini jadi pembicaraan. Beberapa pemanggilan dilakukan, proses organisasi sedang dijalankan," pungkasnya.
 
Kasus pengaturan skor di persepakbolaan nasional merebak setelah terjadi kejanggalan pada pertandingan Madura FC kontra PSS Sleman di babak delapan besar Liga 2. Manajer Madura FC Januar Herwanto secara vokal mengakui timnya diminta mengalah di laga itu oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hidayat.
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:?Medcom.id Rayakan Ulang Tahun Pertama

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif