Ketua Umum BOPI, RIchard Sambera (Medcom/Rendy Renuki H)
Ketua Umum BOPI, RIchard Sambera (Medcom/Rendy Renuki H)

BOPI Beri Waktu LIB sampai 9 Mei Ijin Rekomendasi Liga

Bola liga 1 indonesia
Muhammad Al Hasan • 25 April 2019 12:54
Jakarta: Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menggelar pertemuan dengan operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru ( LIB ) di gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Rabu, 24 April 2019. BOPI menyebut kesiapan LIB baru sekitar 80 persen sehingga berdampak pada pemunduran jadwal Kick Off Liga 1 yanng semula tanggal 8 Mei menjadi tanggal 15 Mei.
 
Dari rapat itu BOPI menyimpulkan bahwa PT LIB selaku operator masih belum bersikap profesional. Pasalnya hingga H-14 ini LIB belum melengkapi 20 persen kewajiban data dukung seperti data pajak dan data dukung pemain (seperti kontrak dan urusan keimigrasian untuk pemain asing).
 
"Faktanya LIB baru menyetorkan data dukung sebanyak 80 persen berarti masih ada kekurangan 20 persen lagi," kata ketua II BOPI Sandi Suwardi Hasan di Kemenpora, Jakarta Selatan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Kekurangan itu berkaitan dengan pajak terutama, yang masih belum banyak disetorkan, baru ada empat klub kurang lebih ya yang sudah setor data tentang pajak," ungkap dia.
 
"Dan indikator profesional adalah salah satunya adalah memenuhi tentang perpajakan. Lalu disamping urusan pajak juga tentang kontrak pemain kita minta dituntaskan," lanjut Sandi.
 
Selanjutnya BOPI kemudian meminta pakta integritas dari LIB untuk segera memenuhi data-data tersebut. Pihaknya memberikan waktu hingga 9 Mei untuk LIB menuntaskan PR-nya bila tidak BOPI akan bersikap tegas dengan tidak mengeluarkan rekomendasi jalannya Liga 1.
 
"Kemudian, BOPI meminta kepada LIB beberapa komitmen dan pakta integritas, terutama untuk meminta kepada LIB dan klub untuk bersikap Profesional, " kata Sandi.
 
"Sebelum 9 Mei posisinya adalah kompromi. Tapi setelah 9 Mei misalkan kemudian LIB tidak ada inisiatif. Maka kemudian kami panggil lagi untuk menjelaskan masalahnya apa. Dan kalau itu belum terpenuhi semua rekomendasi liga tidak akan kita keluarkan," kata Sandi
 
Kendati demikian, Sandi tidak merinci tim-tim mana saja yang belum menunaikan dokumennya. Namun ia memastikan BOPI akan turut membantu LIB untuk kembali ke trek profesionalismenya.
 
"BOPI sebagai institusi yang dibentuk oleh negara ini mendorong seluruh cabang olahraga profesional memenuhi kriteria profesionalisme," kata Sandi.
 
"Tapi secara prinsip dasar bahwa jika LIB mengabaikan komitmen profesionalisme maka BOPI akan tahan lebih dulu tidak akan mengeluarkan rekomendasi," lanjut dia.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif