Pesepak bola asal Brasil Fabiano da Rosa Beltrame menghadiri rapat kerja Komisi X DPR dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/2019). Komisi III DPR menyetujui proses naturalisasi pesepak bola
Pesepak bola asal Brasil Fabiano da Rosa Beltrame menghadiri rapat kerja Komisi X DPR dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/2019). Komisi III DPR menyetujui proses naturalisasi pesepak bola

Naturalisasi Harus Berdampak Positif

Bola liga indonesia
Media Indonesia • 08 November 2019 12:17
Jakarta: Program naturalisasi dinilai akan memberi dampak positif bagi persepakbolaan Indonesia. Namun, pemain yang dinaturalisasi harus memiliki kemampuan yang mumpuni untuk mendukung perkembangan sepak bola Indonesia.
 
"Naturalisasi itu tujuannya baik kalau untuk memperkuat tim nasional. Saya tidak antinaturalisasi, tapi yang dinaturalisasi harus jelas, bukan sekadar melihat tujuan klub," ungkap pengamat sepak bola Kusnaeni, kemarin.
 
Hal itu diungkapkan Kusnaeni menanggapi tuntasnya proses naturalisasi bek Persib Bandung, Fabiano da Rosa Beltrame. Pemain kelahiran Brasil itu kini resmi menjadi warga negara Indonesia setelah proses naturalisasi yang diajukannya mendapat persetujuan pemerintah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambut gembira resminya Fabiano menjadi WNI. Ia mengatakan Fabiano akan berguna bagi sepak bola Indonesia.
 
"Banyak ilmu yang diambil dari yang bersangkutan, ilmu teknik sepak bola. Kemudian dimungkinkan setelah selesai, ia bisa menjadi pelatih," ungkap Iriawan.
 
Di sisi lain, dalam lanjutan Liga 1, Persija Jakarta gagal meraih poin maksimal saat melawat ke kandang Semen Padang. Bermain di Stadion Haji Agus Salim, 'Macan Kemayoran' hanya mampu membawa pulang satu poin setelah bermain 2-2.
 
Unggul lebih dulu melalui gol Marko Simic di menit ke-16, Persija nyaris kalah setelah tuan rumah mampu membalikkan keadaan. Gol Vanderlei Francisco (42') dan Mariando Uropmabin (45') membuat asa 'Kabau Sirah' meraih kemenangan keenamnya musim ini.
 
Pada babak kedua, Ryuji Utomo mampu membuat gawang Semen Padang bergetar di menit ke-60 dan mengubah skor menjadi 2-2. Tambahan satu poin membuat Persija masih terpaku di posisi ke-13 dengan poin 28, unggul empat poin dari Semen Padang yang berada di posisi ke-17.
 
Video: 4 Wakil Indonesia Melaju ke Perempat Final Fuzhou China Open 2019
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif