Persebaya Bungkam PSM Tiga Gol Tanpa Balas
Liga 1 Indonesia (dok. medcom.id)
Surabaya: PSM Makassar tak berdaya kala bertandang ke markas Persebaya Surabaya untuk laga pekan ke-30 Liga 1 Indonesia 2018 pada Sabtu 10 November. Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Bajol Ijo mengalahkan Juku Eka dengan skor telak 3-0.

Baru satu menit berjalannya laga, Persebaya sudah memberikan sinyal ancaman. Tendangan bebas Ruben Sanadi hampir saja menemui sisi kanan mulut gawang PSM yang dijaga Rivki Mokodompit.

Persebaya mendapat gol pembuka keunggulan mereka pada menit 41 lewat Yohanes Pahabol. Namun, gol tersebut sebetulnya berawal dari blunder yang dilakukan bek PSM, Steven Paulle.


Paulle saat itu mencoba melakukan umpan balik kepada Rivki. Namun umpan sundulannya berhasil dipotong dengan mudah oleh Pahabol untuk kemudian mencetak gol pertamanya pada laga tersebut.

Persebaya lebih mendominasi penguasaan bola pada babak pertama. Serangan-serangan berbahaya sempat dipersembahkan Pahabol, Osvaldo Haay dan Oktafianus Fernando.

Baca: Duel Persija vs PS TIRA Berakhir Antiklimaks

Sementara itu, PSM terlihat kesulitan melancarkan serangan mereka. Playmaker asal Belanda, Wilijan Pluim, berkali-kali melakukan manuver berbahaya, namun selalu ditempel ketat oleh bek Persebaya, Otavio Dutro.

Di babak kedua, pelatih PSM, Robert Rene Alberts, mencoba menambah daya gedornya di lini depan. Ia memasukkan Ferdinand Sinaga, untuk menggantikan Wasyiat Hasbulla.

Striker Persebaya David da Silva, yang menjadi pemain pengganti pada menit 60, mampu membuktikan predikatnya sebagai topskorer sementara Liga 1. Pemain asal Brasil itu menggandakan keunggulan timnya hanya delapan menit setelah ia masuk lapangan.

Gol yang dicetak Silva memang cukup indah. Berawal dari kecepatannya menggiring bola, tidak terkejar dari pemain PSM, lalu mengalahkan Rivki dengan sontekan keras dari kaki kanannya.

Menjelang akhir-akhir laga, Persebaya makin kuat dengan tambahan gol ketiga. Adalah pemain asal Papua, Fandry Imbiri, yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit 90.

Gol ketiga Persebaya berawal dari umpan terukur Ruben Sanadi ke dala kotak penalti. Umpan tersebut disambut Fandry dengan sundulan keras.

Tambahan waktu tiga menit di babak kedua tidak cukup buat PSM menyelamatkan diri dari kekalahan. Wasit menutup laga untuk kemenangan Persebaya 3-0 atas PSM.

Hasil ini membuat Persebaya melejit ke posisi delapan klasemen sementara dengan raihan 41 poin. Sementara PSM dengan 53 poin masih kokoh di puncak klasemen.

Susunan Pemain:

Persebaya Surabaya: Miswar; Fandry Imbiri, Syaifuddin (Abu Rizal 90+2), Dutra, Ruben; Misbakus, Osvaldo, Rendi (O.K. John 83'); Fandi Eko, Oktafianus, Pahabol(David da Silva 60').

PSM Makassar: Rivky; Paulle, Fauzan, Rahman, Zulkifli; Wasyiat (F. Sinaga 46'), Arfan (Hendra Wijaya 86'), Pluim; Rasyid, Guy Junior (Agi Pratama 71'), M. Rahmat.





metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id