Salah satu sudut tribun Stadion Maguwoharjo saat laga PSS melawan Persija pada Jumat, 15 Maret 2019. (Foto: medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Salah satu sudut tribun Stadion Maguwoharjo saat laga PSS melawan Persija pada Jumat, 15 Maret 2019. (Foto: medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Laga PSS vs Persija Cetak Rekor Jumlah Penonton

Bola Piala Presiden 2019
Ahmad Mustaqim • 18 Maret 2019 12:54

Pertandingan antara PSS Sleman kontra Persija Jakarta menjadi pertandingan yang paling banyak ditonton. Total, ada 30 ribu lebih suporter yang datang langsung ke stadion.

Sleman: Laga PSS Sleman melawan Persija Jakarta di Grup D Piala Presiden mencetak rekor jumlah penonton. Pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta paling banyak dihadiri penonton.
 
Ketua Panitia Pelaksana Grup D Piala Presiden 2019, Tri Mulyanta menjelaskan, prediksi besarnya jumlah penonton sudah terlihat dari habisnya 30 ribu lebar tiket yang sudah terbeli. Tiket yang terjual itu telah diplot untuk suporter Brigata Curva Sud (BCS) di tribun kuning, Slemania di tribun hijau, serta ada tiket tribun hijau dan biru yang dijual melalui online.
 
Sementara itu, suporter tim tamu, Jakmania yang semula dijatah lima ribu lembar tiket, menambah hingga delapan ribu. "Kurang lebih penonton 30 ribuan. Itu masih ada yang undangan tamu VVIP," ujar Tri kepada medcom.id.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam laporan PSSI yang masuk ke Tri Mulyanta, jumlah penonton di Stadion Maguwoharjo sebesar 29.150 penonton. Jumlah ini belum termasuk penonton di luar stadion yang menyaksikan pertandingan melalui dua layar lebar.

Baca: Tuan Rumah Perempat Final Piala Presiden 2019

Jumlah penonton terbanyak kedua terjadi antara Persela Lamongan melawan Arema di Stadion Kanjuruhan Malang dengan jumlah 28.311. Kemudian disusul laga Persebaya Surabaya melawan Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat (26.834 penonton) dan laga Persib Bandung melawan Tira-Persikabo di stadion yang sama (26.541 penonton).
 
Salah satu penyebab besarnya jumlah penonton dalam pertandingan kemarin yakni kedua tim sangat lama tidak bertemu. PSS dan Persija terakhir bertemu saat laga persahabatan di Stadion Maguwoharjo pada 2016 (hasil akhir 2-2) dan di Stadion Lebak Bulus pada 2006 dalam ajang Liga Djarum Indonesia dengan hasil kemenangan 2-1 untuk Persija.
 
Selain rekor penonton, Panpel juga bisa mengondisikan jumlah massa begitu besar yang masuk dan keluar stadion. Suporter PSS dan Persija diarahkan di dua jalur berbeda, yakni pintu tengah dan selatan. Sementara, pintu utara dikhususkan untuk pemain dan tamu undangan.
 
"Persiapan pertandingan (PSS melawan Persija) disiapkan sangat ekstra, termasuk pengamanan nya. Dua layar lebar di luar stadion bisa meminimalisasi dampak bagi penonton yang tak kebagian tiket. Yang menonton di luar stadion juga sangat ramai," ujarnya.
 
Video: Indonesia Bersiap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Jetski Internasional
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif