Liga 1 Indonesia 2018

Wasit Bali United vs Persija Dinilai Menyalahi Aturan FIFA

Rendy Renuki H 04 Desember 2018 14:34 WIB
liga 1 indonesia
Wasit Bali United vs Persija Dinilai Menyalahi Aturan FIFA
Suasana pertandingan antara Bali United vs Persija (Foto: Antara/Nyoman Budhiana)
Jakarta: Laga Bali United kontra Persija pada pekan ke-33 Liga 1 ternoda keputusan wasit Jumadi Effendi, Minggu 2 Desember. Wasit tidak memberikan tambahan waktu (injury time) di Stadion Wayan Dipta, Gianyar, pada laga yang dimenangi Persija 2-1.

Padahal, pada pertandingan itu wasit Jumadi terhitung enam kali menghentikan laga. Terhentinya laga terjadi mulai dari gangguan suporter yang menyalakan cerawat, hingga pelemparan botol ke lapangan.

Keputusan mengakhiri pertandingan tanpa pemberitahuan tambahan waktu dinilai menyalahi Law of the Game (LOTG) FIFA. Hal itu diungkapkan mantan Ketua Komisi Wasit, Ngadiman Asri, yang mengacu kepada Pasal 7 LOTG FIFA.


Dalam pasal 7 LOTG FIFA menjelaskan, wasit berhak memberikan tambahan waktu karena berhentinya permainan. Tambahan waktu tersebut diberikan ketika pertandingan telah memasuki menit-menit akhir.

Menurutnya, wasit seharusnya memberikan tambahan waktu dan menginformasikan di lapangan. Apalagi pada laga tersebut, wasit Jumadi beberapa kali sempat menghentikan pertandingan, sehingga banyak waktu normal yang terbuang.

"Kalau soal waktu, itu masuk ke Pasal 7 LOTG soal durasi pertandingan. Kalau lamanya pertandingan, sebetulnya yang saya tahu dalam suatu pertandingan kalau ada waktu yang hilang itu harus diganti," ujar Ngadiman yang kini menjadi konsultan wasit di PSSI kepada Medcom.id, Selasa 4 Desember.

"Bisa karena ada yang cedera atau macam-macam, karena terhenti tidak sesuai atau kurang patut lah, itu harus diganti. Karena orang bayar mau nonton bola kan 2x45 menit, enggak ada korting, contoh gamblangnya seperti itu," sambungnya.

Sementara, Jumadi Effendi sendiri mengatakan telah melaksanakan tugas sesuai regulasi. Ia berpegangan kepada Pasal 5 Peraturan Permainan yang menyebutkan wasit adalah orang yang memegang penuh keputusan dari jalannya permainan.

"Babak kedua, jam di tangan ada perbedaan selisih 14 menit. Wasit menghentikan (pertandingan) menit 104, jadi enggak ada tambahan waktu karena melihat situasi tidak kondusif mengacu ke Pasal 5," kata Jumadi saat dihubungi Medcom.id.

Laga yang dimenangi Persija atas Bali United membuat Macan Kemayoran merebut puncak klasemen dari tangan PSM Makassar. Saat ini Persija meraih 59 poin di puncak klasemen, unggul satu poin dari PSM di posisi kedua.

PSM gagal memaksimalkan peluang menambah poin karena harus puas bermain imbang tanpa gol dengan Bhayangkara FC di Stadion PTIK Jakarta, Senin 3 Desember kemarin. 

Hidayat Mundur dari Exco PSSI




(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id