Tigorshalom Boboy (kiri) dan Risha Adi Wijaya (tengah). (Foto: medcom.id/ Kautsar Halim)
Tigorshalom Boboy (kiri) dan Risha Adi Wijaya (tengah). (Foto: medcom.id/ Kautsar Halim)

Klarifikasi PT LIB Usai Dipanggil Satgas Antimafia Bola

Bola liga 1 indonesia Pengaturan Skor Sepak Bola
Kautsar Halim • 04 Januari 2019 15:36

Para petinggi PT LIB memberikan klarifikasi terkait pemanggilan oleh Satgas Antimafia Bola. Selain itu, PT LIB berjanji kooperatif dalam membantu tugas Satgas Antimafia Bola.

Jakarta: PT Liga Indonesia Baru (LIB) meluruskan kabar pemanggilan pihaknya oleh Satgas Antimafia Bola. Menurut mereka, pemanggilan dilakukan untuk memberi keterangan umum dan belum menjurus kepada sebuah pertandingan tertentu, apalagi dugaan terlibat dalam pengaturan skor.
 
Beberapa waktu lalu, sempat beredar kabar bahwa PT LIB dipanggil untuk dimintai keterangan tentang pengaturan skor dalam laga Liga 2 yang mempertemukan PSS Sleman kontra Madura FC. Pihak PT LIB yang dipanggil adalah CEO Risha Adi Wijaya, COO Tigorshalom Boboy, dan Direktur Utama Berlinton Siahaan.
 
Ditegaskan Risha, tiga pemeriksaan yang dilakukan secara terpisah itu belum membicarakan tentang dugaan keterlibatan PT LIB dengan kasus pengaturan skor dalam laga PSS Sleman kontra Madura FC. Namun, lebih condong tentang pertanyaan seputar manajemen PT LIB.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pokok penyampaian keterangan lebih banyak seputar korporasi, terbentuknya PT LIB, anggaran dasar, pemegang saham, RUPS, direksi baru, pengolahan kompetisi, pendanaan hingga sponsor yang masuk," ujar Risha dalam jumpa pers di Kantor PT LIB, Jakarta, Jumat 4 Januari 2018.

Baca: Teco Ucapkan Salam Perpisahan dengan Persija

Tigor menjelaskan lebih detail, pemanggilan yang dilakukan Satgas Antimafia Bola juga masih bersifat penyelidikan atau bukan penyidikan. Jadi, pertanyaan yang ditanyakan masih bersifat umum.
 
"Dalam Kitab UU Hukum Pidana, ada yang namanya penyidikan ada penyelidikan. Kalau penyelidikan yang dimintakan hanya keterangan. Jadi, pemanggilan kemarin bukan berita acara pemeriksaan," tegas Tigor.
 
Meski membantah, PT LIB tetap respek dengan upaya Satgas Antimafia Bola mengatasi kasus pengaturan skor di Tanah Air. Mereka bahkan tidak keberatan dipanggil lagi apabila proses penyelesainnya sudah masuk dalam level penyidikan.
 
"Prinsipnya, kami setuju dan senang bisa memberikan keterangan kepada Satgas. Itu memang bagian dari upaya agar kompetisi lebih kompetitif dan bernilai," tutup Risha.
 
Video: Polisi Periksa Direktur PT LIB Terkait Kasus Pengaturan Skor
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi