Komite Pemilihan PSSI (Medcom.id/Gregorius Gelino)
Komite Pemilihan PSSI (Medcom.id/Gregorius Gelino)

Banyak Politisi, Begini Cara Komite Pemilihan Jaga Netralitas PSSI

Bola Bursa Ketua Umum PSSI
Gregorius Gelino • 10 Oktober 2019 20:48
Jakarta: Komite Pemilihan PSSI memastikan 91 dari 123 calon Ketua Umum, Wakil Ketua, dan Executive Committe PSSI lolos verifikasi. KP PSSI menyoroti banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) dan anggota legislatif yang lolos.
 
Untuk menjaga netralitas dan independensi pengurus PSSI, KP PSSI memastikan akan mengajukan syarat tambahan bagi ASN dan anggota legislatif. Mereka wajib mengisi formulir yang disusun KP sebagai syarat tambahan.
 
"Karena anggota ASN dan anggota legislatif jumlahnya cukup banyak, kami memohon kepada yang bersangkutan untuk membuat surat pernyatan. Formulirnya sudah kami sediakan, nanti yang bersangkutan akan kami panggil untuk menandatangani ini sebagai tambahan," kata ketua KP PSSI, Syarif Bastaman, di kantor PSSI pada Kamis (10/10/2019).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Formulir tersebut berisi pernyataan calon pengurus PSSI nantinya tidak akan membuat pernyataan politik atau menunjukkan sikap politik pada saat bertugas di PSSI. "Ini kami ikuti dengan standar FIFA, jadi itu kita terapkan di sini," ungkap Syarif.
 
Syarif beralasan formulir tambahan tersebut demi menjaga netralitas dan independensi PSSI. Apalagi hal tersebut tertuang dalam statuta FIFA.
 
"Merujuk ke pasal netralitas PSSI sesuai dengan statuta FIFA pasal 7. Kalau di PSSI itu harus netral dan tidak memihak dalam politik, suku, agama, ras, dan golongan tertentu, serta memastikan anggotanya netral dan tidak memihak," tegas Syarif.
 
"PSSI juga harus menjaga independensi dan netralitas dan menghindari gangguan atau campur tangan politik. Selanjutnya, PSSI tidak dapat diintervensi oleh pihak luar manapun soal kegiatannya," tutupnya.
 
Video: Ketua KOI Baru Bidik Posisi Tuan Rumah pada Olimpiade 2032
 

 

(GRG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif