Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafri tengah memberikan arahan kepada Osvaldo Haay jelang final SEA Games 2019 melawan Vietnam (Foto:  ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafri tengah memberikan arahan kepada Osvaldo Haay jelang final SEA Games 2019 melawan Vietnam (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Ini yang Diwanti-wanti Indra Sjafri Jelang Timnas U-23 vs Vietnam

Bola Timnas U-23 SEA Games 2019 Filipina
Achmad Firdaus • 09 Desember 2019 13:58
Manila: Timnas Indonesia U-23 akan kembali berhadapan dengan Vietnam di cabang sepak bola putra SEA Games 2019, Filipina. Setelah di fase grup, kedua tim akan kembali bentrok di partai final.
 
Indonesia lolos ke final usai mengakhiri perlawanan Myanmar dengan skor 4-2 lewat perpanjangan waktu setelah sebelumnya dipaksa bermain imbang 2-2. Sementara Vietnam mengandaskan perlawanan Kamboja dengan skor telak 4-0 di babak semifinal, Sabtu 7 Desember kemarin.
 
Duel ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk membalas kekalahan mereka di fase grup. Kala itu, Skuat Garuda Muda yang sempat memimpin harus menerima kekalahan 1-2. Makin menyakitkan karena gol kemenangan Vietnam terjadi di menit-menit akhir laga.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Pelatih Indonesia Indra Sjafri, menyebut, kekalahan anak asuhnya dari Vietnam di babak penyisihan grup itu sejatinya bisa dihindari. Andaikan para pemain bisa terus menjaga konsentrasi. Hal inilah yang kemudian jadi sorotan utama Indra jelang pertandingan final, Selasa 10 Desember 2019.
 
"Pertandingannya akan sangat seru dan ketat. Saya minta pemain fokus dan tidak membuat banyak kesalahan," jelas Indra di laman resmi PSSI.
 
Selain membalaskan kekalahan di babak penyisihan grup, Indonesia mengemban misi mengakhiri dahaga juara SEA Games yang sudah bertahan selama 28 tahun.
 
Indonesia terakhir kali juara SEA Games pada tahun 1991 di Manila. Kala itu, Timnas Indonesia yang diperkuat sejumlah legenda macam Rochy Putiray, Robbie Darwis hingga Widodo C Putro tampil sebagai juara usai mengalahkan Thailand di Rizal Memorial Stadium lewat drama adu penalti.
 
Kini, di tempat yang sama, sejarah itu akan coba diulang kembali oleh Osvaldo Haay dan kawan-kawan. Mampukah mereka melakukannya?
 
Tidak ada yang tidak mungkin di sepak bola. Apalagi, kondisi seperti ini sempat dihadapi oleh Indra Sjafri dan salah satu penggawa Timnas U-23, Evan Dimas Darmono pada ajang Piala AFF U-19 tahun 2013 lalu di Sidoarjo.
 
Kala itu, Evan Dimas cs juga takluk 1-2 dari Vietnam di babak penyisihan grup. Namun, mereka berhasil membalaskan kekalahan tersebut di babak final. Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-19 usai mengalahkan Vietnam lewat drama adu penalti 7-6 setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal.
 
Video:?Meski Sempat Tegang, Ketum PSSI Ucapkan Syukur Timnas Lolos ke Final SEA Games

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif