Timnas Putri Indonesia. (Foto: Antara/Nova Wahyudi)
Timnas Putri Indonesia. (Foto: Antara/Nova Wahyudi)

Apologi Exco PSSI Soal Batal Berangkatkan Timnas ke Piala AFF Wanita U-15

Bola timnas indonesia
Muhammad Al Hasan • 05 April 2019 23:12

Komite Eksekutif PSSI, Gusti Randa menjelaskan mengapa PSSI sampai tidak punya dana untuk memberangkatkan Timnas Wanita U-15 di perhelatan AFF. Menurutnya, kegiatan yang ada tidak berbanding lurus dengan dana yang ada.

Jakarta: Komite Eksekutif PSSI Gusti Randa membenarkan PSSI sedang kesulitan dana. Hal ini menyusul dengan ditariknya Timnas Wanita U-15 dari kompetisi Piala AFF di Thailand yang bakal dilaksanakan pada 9-21 Mei.
 
Gusti mengelak bahwa ketiadaan dana akibat organisasi malas bekerja atau bahkan tidak bekerja. Namun, kondisinya saat ini memang pendapatan tidak sesuai dengan pengeluaran untuk menunjang kegiatan-kegiatan PSSI. Sehingga, penggunaan dana bakal difokuskan kepada program dengan skala prioritas yang lebih penting seperti persiapan Olimpiade Tokyo 2020 dan Liga Indonesia.
 
Ia menjelaskan, sebagai salah satu organisasi cabang olahraga nasional, PSSI mendapat dana rutin dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun itu saja tidak cukup, organisasi juga mencari dana dari sponsorship dan kerjasama dengan pihak ketiga dalam bentuk lainnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendati demikian, hal itu dirasa tak bisa mencukupi seluruh kegiatan PSSI. Karena, hasil kerjasama yang dibangun tidak berbanding lurus dengan kegiatan-kegiatan yang ada.
 
"PSSI itu sama dengan federasi lainnya. Mendapatkan APBN harus duduk yang benar. Ketika mengikuti multievent, ketika federasi punya agenda sendiri maka federasi cari duit," kata Gusti Randa di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Jumat 5 April 2019.

Baca: Batal Tampil di Piala AFF, Pelatih Timnas Putri Belum Terima Konfirmasi PSSI

"Dari mana duit kita? dari partnership. Ada bentuknya sponsor. Ada barter. Partnership itu tidak berbanding lurus dengan kegiatan-kegiatan. Karena ada kegiatan PSSI yang bisa disponsori ada kegiatan PSSI yang sponsor gak mau karena mungkin bukan event," lanjut dia.
 
"Misal kita bicara tentang bagaimana merekrut wasit licensing, itu kan bukan event yang bisa kita jual untuk sponsor. Itu kan federasi. Kalau pertandingan bisa dicari sponsornya," tutur dia.
 
Oleh karenanya, Gusti meminta maaf kepada Timnas wanita U-15. Ia berjanji skuat muda garuda wanita itu bisa berkompetisi pada musim mendatang.
 
"Jadi mohon maaf sekali, mungkin tahun depan baru yang U-15 ini kita bisa berangkatkan," pungkas dia.
 
Video: Emery: Torreira dan Guendouzi Berkembang Pesat
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif