Eksekusi tendangan bebas Ali Adnan yang membawa Irak menang 3-2 atas Vietnam di laga perdana Grup D Piala Asia 2019. (Foto: AFP/Khaled Desouki)
Eksekusi tendangan bebas Ali Adnan yang membawa Irak menang 3-2 atas Vietnam di laga perdana Grup D Piala Asia 2019. (Foto: AFP/Khaled Desouki)

Tiga Wakil ASEAN Tumbang di Laga Perdana Piala Asia 2019

Bola piala asia 2019
Achmad Firdaus • 09 Januari 2019 00:44
Asia Tenggara diwakili Thailand, Vietnam dan Filipina di Piala Asia 2019. Sayangnya, ketiga negara itu gagal meraih poin di laga perdana babak penyisihan. Thailand dipecundangi India, sementara Filipina dan Vietnam kalah tipis dari Korsel dan Irak.

Abu Dhabi:
Vietnam gagal menyelamatkan gengsi Asia Tenggara di laga perdana penyisihan Grup Piala Asia 2019. Jawara Piala AFF 2018 itu harus mengakui keunggulan Irak di Grup D.

Vietnam sejatinya tampil cukup baik pada laga yang dihelat di Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi, Selasa 8 Januari 2018. Tim besutan Park Hang-seo bahkan sempat dua kali unggul sebelum akhirnya harus menyerah dengan skor tipis 2-3.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Mengandalkan permainan cepat yang jadi khasnya, Vietnam sempat membuat pertahanan Irak keteteran dan memaksa bek Ali Faez mencetak gol bunuh diri pada menit ke-24. Striker Irak, Mohanad Ali ('35) sempat menyamakan kedudukan 1-1usai memanfaatkan kesalahan bek Vietnam, namun Vietnam bisa kembali unggul dan menutup babak pertama dengan skor 2-1 lewat gol Nguyen Cong Phuong pada menit ke-42.
 

Baca: Babak 32 Besar Piala Indonesia: Persija Enggan Remehkan Kepri 757 Jaya


Sayang, Vietnam gagal mempertahankan momentum di babak pertama. Irak kembali menyamakan kedudukan pada menit ke-60 lewat gol Humam Tariq, sebelum akhirnya eksekusi tendangan bebas Ali Adnan di masa injury time memaksa Vietnam takluk 2-3.

Dengan kekalahan Vietnam, itu berarti semua wakil Asia Tenggara yang tampil di Piala Asia 2019 harus menelan kekalahan di laga perdana penyisihan grup.

Thailand jadi wakil ASEAN pertama yang menelan kekalahan. Di luar dugaan, Thailand dipecundangi India dengan skor mencolok 1-4 pada laga perdana Grup A, Minggu 6 Januari. Kekalahan memalukan ini membuat Milovan Rajevac dipecat dari kursi pelatih War Elephants.

Semifinalis Piala AFF 2018, Filipina juga gagal meraih poin pada laga perdana Grup C. Menghadapi salah satu unggulan, Korea Selatan, tim besutan Sven Goran Ericsson sejatinya tampil cukup baik meski pada akhirnya harus menyerah dengan skor tipis 0-1.
 

Baca juga: Profil Brahim Diaz: Dari Ball Boy, Kini Main di Real Madrid


Kendati kalah, baik Thailand, Vietnam maupun Filipina masih punya peluang untuk lolos ke babak berikutnya. Sebab, masing-masing dari mereka masih memiliki dua pertandingan untuk berjuang menempati dua posisi teratas di fase grup. 

Di Grup A, Thailand masih akan berhadapan dengan Bahrain dan Uni Emirat. Filipina di Grup C akan melawan Tiongkok dan Kyrgistan. Adapun, Vietnam akan berduel melawan Iran dan Yaman pada dua pertandingan terakhir di Grup D.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Persija Jajal Lapangan Latihan Baru



(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi