Piala AFF 2018

Analisis Wolfgang Pikal soal Kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF

A. Firdaus 22 November 2018 15:55 WIB
piala aff
Analisis Wolfgang Pikal soal Kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF
Para pemain timnas Indonesia saat dikalahkan Singapura (Foto: Antara Foto/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta: Sedari awal, tim nasional Indonesia telah memulai Piala AFF 2018 dengan kurang maksimal. Ketika itu Skuat Garuda takluk di tangan Singapura dengan skor 1-0.

Kekalahan itu menjadi kunci kegagalan timnas Indonesia yang dipastikan tak lolos fase grup B, karena kalah bersaing dengan Thailand, Filipina, dan Singapura. Ketiga tim itu masih berpeluang memperebutkan dua tiket menuju semifinal. 

Meski menyisakan satu laga lagi menghadapi Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu 25 November, toh tambahan tiga poin dari laga itu takkan mengubah nasib Merah Putih.


Mantan asisten pelatih timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, menyebut kekalahan tersebut menjadikan jalan terjal untuk Hansamu Yama dan kawan-kawan. Puncaknya, Indonesia dipastikan gagal setelah Thailand dan Filipina bermain imbang pada laga ketiga yang digelar Stadion Panaad, malam tadi.

"Saya pikir timnas sebetulnya harus menang melawan Singapura di pertandingan awal, itu kuncinya. Soal melawan Timor Leste saja kita tidak boleh sombong, untungnya bisa menang," ujar Pikal kepada medcom.id.

"Melawan Thailand memang berat, soalnya Thailand selalu punya tim bagus, padahal di AFF kali ini, Thailand menggunakan mayoritas pemain muda," terangnya.

Dengan gagalnya lolos ke semifinal, maka memperpanjang sejarah buruk Indonesia di Piala AFF. Sejak turnamen terbesar di Asia Tenggara itu digelar pada 1996, Indonesia belum juga meraih satu gelar pun, dengan catatan terbaik lima kali menjadi runner up.

Timnas Indonesia Fokus Petik Kemenangan Lawan Filipina




(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id