Penyerang Portugal Goncalo Guedes (kiri) merayakan golnya ke gawang Belanda bersama Cristiano Ronaldo (kanan) (Foto: AFP/Gabriel Bouys)
Penyerang Portugal Goncalo Guedes (kiri) merayakan golnya ke gawang Belanda bersama Cristiano Ronaldo (kanan) (Foto: AFP/Gabriel Bouys)

Tumbangkan Belanda, Portugal Sabet Gelar UEFA Nations League

Bola liga dunia timnas portugal
Patrick Pinaria • 10 Juni 2019 06:43
Timnas Portugal menumbangkan Belanda di babak final UEFA Nations League 2018--2019. Gol Goncalo Guedes menjadi penentu kemenangan sekaligus memastikan gelar untuk Selecao das Quinas di turnamen tersebut.
 
Porto
: Portugal sukses meraih gelar UEFA Nations League 2018--2019. Prestasi itu didapat Selecao das Quinas setelah menumbangkan Belanda dengan skor 1-0 pada babak final, Senin 10 Juni dini hari WIB.
 
Bertanding di Stadion Do Dragao, Portugal tampil agresif menghadapi Belanda. Statistik mencatat tim besutan Fernando Santos tersebut melepaskan tujuh tembakan mengarah ke gawang dari 18 peluang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Adapun Belanda tampil tumpul meski mendominasi penguasaan bola sebanyak 56,6 persen. Tercatat, Memphis Depay dkk hanya mampu menghasilkan satu tembakan mengarah ke gawang dari empat peluang.
 
Portugal sudah agresif sejak awal pertandingan. Setidaknya ada tiga peluang diciptakan tim yang berjuluk The Navigators dalam 10 menit pertama. Ketiga peluang tersebut diciptakan Bernardo Silva, Bruno Fernandes, dan Cristiano Ronaldo. Namun, upaya-upaya mereka gagal berbuah maksimal.

Baca: Inggris Susah Payah Singkirkan Swiss Demi Posisi Ketiga


Ronaldo kembali menebarkan ancaman untuk Belanda pada menit ke-28. Ada dua peluang diciptakan mega bintang milik Juventus tersebut saat itu. Akan tetapi, usaha kerasnya masih gagal memberikan gol untuk Portugal.
 
Teror kembali diberikan Portugal ke gawang Belanda pada menit ke-30. Kali ini, Fernandes melepaskan tembakan jarak jauh, tetapi masih bisa diantisipasi kiper Belanda Jasper Cillessen.
 
Hingga turun minum, kedua tim belum mampu mencetak gol. Skor 0-0 bertahan untuk kedua tim.
 
Memasuki babak kedua, Portugal masih menunjukkan permainan agresif. Gempuran terus dilancarkan mereka. Hingga akhirnya, Portugal sukses membuka keunggulan pada menit ke-60 melalui gol Goncalo Guedes. Ia sukses memanfaatkan umpan dari Silva.
 
Belanda langsung memberikan respons setelah kebobolan. Pada menit ke-65, mereka membuat peluang emas melalui Memphis Depay lewat sundulan. Tetapi, bola masih bisa ditangkap kiper Portugal Rui Patricio.

Baca: Diincar MU, Bale Minta Madrid tak Menjualnya


Giliran Quincy Promes mengancam gawang Patricio. Tepat pada menit ke-69. Ia melepaskan tendangan dari sisi kiri, tetapi bola gagal menemui sasaran yang tepat.
 
Pada menit ke-78, Belanda mendapat peluang dari Marten de Roon. Sayangnya, upayanya gagal membuahkan hasil.
 
Portugal kembali menunjukkan agresivitas ketika memasuki sepuluh menit terakhir pertandingan. Ancaman demi ancaman dilancarkan, tetapi tidak ada yang menghasilkan gol.
 
Hingga laga usai, tidak ada gol tambahan tercipta. Portugal memastikan kemenangan dengan skor 1-0. Hasil ini pun membuat Portugal berhak mengangkat trofi UEFA Nations League 2018--2019.
 

Susunan pemain:
 
Portugal: Patricio, Guerreiro, Dias, Semedo, Carvalho/Neves (90+3'), Pereira, Fernandes/Moutinho (81'), Guedes/Rafa Silva (75'), Ronaldo, Silva.
 
Belanda: Cillessen, Dumfries, De Ligt, Van Dijk, Blind, De Roon/Luuk De Jong (81'), De Jong, Wijnaldum, Bergwijn/Van De Beek (60'), Depay, Babel/Promes (46').
 

Video: Benfica Pede Pertahankan Joao Felix
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif