Dok PSSI
Dok PSSI

Pengamat: PSSI Harus Mengedukasi Suporter jadi Tuan Rumah yang Baik

Bola liga dunia pssi Piala Dunia U-20 Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Patrick Pinaria • 26 Oktober 2019 14:43
Jakarta: FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 2021. PSSI dianggap punya peran krusial untuk mempersiapkan turnamen tersebut. Salah satunya adalah mengedukasi suporter Tanah Air guna menjadi tuan rumah yang baik.
 
Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 diumumkan langsung oleh FIFA usai menggelar rapat dewan pada Kamis 24 Oktober. Indonesia berhasil mengalahkan Peru yang turut mencalonkan diri sebagai tuan rumah turnamen tersebut.
 
Pro dan kontra pun bermunculan selepas penunjukkan tersebut. Salah satunya adalah soal suporter. Maklum, suporter Tanah Air sedang menjadi sorotan karena kerap melakukan kericuhan.
Bahkan, kericuhan pernah dilakukan suporter Indonesia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 level senior. Tepatnya saat timnas Indonesia ditaklukkan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada September.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Ketika ditanyakan permasalahan ini, pengamat sepak bola Indonesia Anton Sanjoyo mengaku permasalahan suporter Indonesia memang perlu diantisipasi. Pria yang kerap disapa Bung Joy itu pun menilai PSSI punya peran krusial untuk mengatasi permasalah suporter.
 
"Meskipun dalam sejarah, suporter kami sepertinya tidak terlalu bermasalah saat kami menyelenggarakan event internasional. Tahun 2000-an awal, kami menggelar Piala Asia. Tidak ada masalah yang dibuat suporter saat itu. Indonesia kalah dari Korea Selatan saat itu. Saya pun menonton langsung di stadion. Suasananya sangat luar biasa. Suporter juga sangat sportif," ujar Anton.
 
"Tetapi, suporter kami harus tetap diedukasi. Jangan sampai kejadian melawan Malaysia terulang. Kami bisa terkena sanksi yang sangat berat. Banyak cara yang dilakukan. Salah satunya melalui media," tambahnya.
 
"Peran PSSI juga sangat penting. Mereka harus aktif memberikan edukasi. Banyak macamnya, seperti melalui tayangan-tayangan, membuat imbauan-imbauan di media sosial. Karena media sosial saat ini sudah menjadi kebutuhan dan kita bisa memanfaatkan itu," papar bung Joy.
 
Piala Dunia U-20 2021 dikabarkan bergulir pada 20 Mei hingga 11 Juni. Pada turnamen tersebut, terdapat 24 tim akan berpartisipasi.
Jika dirinci, ke-24 tim itu terdiri dari lima tim asal Asia (AFC), lima tim asal Eropa (UEFA), empat tim asal Afrika (CAF), empat tim asal Amerika Selatan (CONMEBOL), empat tim asal Amerika Tengah, Utara, dan Karibia (CONCACAF), dan dua negara asal Oseania (OFC).
 

Video: Southampton 0-9 Leicester City, Masuk dalam Buka Sejarah Liga Inggris
 

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif