Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta-Medcom.id/Rizky Dewantara
Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta-Medcom.id/Rizky Dewantara

Pesan untuk Stadion Pakansari Sebagai Venue Piala Dunia U-20

Bola sepak bola liga dunia Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Rizky Dewantara • 09 November 2019 00:28
Karenauntuk mem-brandingsuatu daerah di Indonesia ke mancanegara, segala sesuatunya harus disiapkan dengan matang. Apalagi untuk Piala Dunia U-20.
 
Bogor: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyampaikan pesan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, soal Stadion Pakansari, Cibinong, yang bakal menjadi salah satu tempat pertandingan Piala Dunia U-20 tahun 2021.
 
Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta mengatakan, Federasi sepak bola Internasional (FIFA) menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia, karena dianggap layak dari sisi stadion.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Sudah direkomendasi 10 tempat terbaik lapangan sepak bola Indonesia. Salah satunya Stadion Pakansari Cibinong, Bogor. Stadion Pakansari merupakan letak yang strategis untuk posisi pendampingnya GBK (Gelora Bung Karno) Senayan," ujar Raden saat meninjau Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat 8 November 2019.
 
Raden menambahkan, mengajak semua daerah bersiap diri untuk menyiapkan segala sesuatu yang bisa mempromosikan khas daerahnya. Pada umumnya, perhelatan olah raga berskala internasional, penduduk mancanegara akan melihat, mendengar dan menikmati acara tersebut.
 
"Pesta olahraga tersebut akan dinikmati lebih dari 200 negara. Artinya, sayang jika dilihat banyak negara kalau tidak dimanfaatkan sebagai promosi wisata, promosi budaya, promosi kuliner dan lainnya," papar dia.
 
Raden menegaskan, karena untuk mem-branding suatu daerah di Indonesia ke mancanegara, segala sesuatunya harus disiapkan dengan matang. Semisal, Kabupaten Bogor, harus menyiapkan diri tidak hanya lapangan, tetapi segala pernak-pernik terkait penyelenggaraan Piala Dunia sepak bola.
 
Lebih lanjut, seperti wajah stadion yang memiliki tema khusus, penampilan luar stadion dan aksesnya, itu semua akan jadi penilaian bagi mancanegara, baik yang langsung datang maupun yang melihat dari TV.
 
"Itu akan dinilai semua, bagaimana budaya, kuliner, sopan santun warganya, pelayanannya, stadion itu sendiri dan keindahan wilayah Bogor. Artinya layanan itu menjadi nomor satu, jangan sampai turis yang datang ke Indonesia pulang dengan kesan buruk," tutupnya.
 
Video: Hasil Liga Europa Matchday Keempat, 5 Tim Lolos ke Babak 32 Besar

 

(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif