Jelang Piala Asia U-19 2018

Profil Kontestan Piala Asia U-19 2018: Indonesia

A. Firdaus 16 Oktober 2018 00:22 WIB
timnas u-19piala asia u-19
Profil Kontestan Piala Asia U-19 2018: Indonesia
Skuat tim nasional Indonesia U-19 (Foto: AFC)
Hampir 60 tahun setelah memenangkan satu-satunya gelar mereka di Piala Asia U-19, tim nasional Indonesia lolos ke level ini dengan status peringkat tiga di Piala AFF pada Juli lalu, di Sidoarjo.

Kenangan manis menjuarai Piala Asia 1961 coba diulangi pada Timans U-19 era Indra Sjafri. Beberapa faktor mendukung skuat Garuda Nusantara agar bisa lolos dari fase grup untuk pertama kalinya sejak 1978.

Salah satunya komposisi skuat yang dimiliki Indra Sjafri saat ini. Selain itu faktor tuan rumah dengan dukungan suporter menambah motivasi Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan.


Pada Piala Asia kali ini, Indonesia ditempatkan di Grup A. Nurhidayat dan kawan-kawan tergabung bersama Qatar, Uni Emirat Arab, dan Taiwan. 

Pemain Bintang
Tak dapat disangkal Egy Maulana Vikri menjadi sorotan di timnas U-19. Ia menjadi satu-satunya pemain di skuat Indra Sjafri yang kini bermain di Eropa bersama salah satu klub Polandia, Lechia Gdansk II.

Egy juga menjadi salah satu pemain yang paling sering diturunkan Indra Sjafri. Sejauh ini, pemain kelahiran Medan 7 Juli 2000 ini sudah bermain 16 kali dengan torehan 14 gol untuk Timnas U-19.

Pelatih Indra Sjafri
Tak bisa dipungkiri Indra merupakan salah pelatih terbaik yang dimiliki Indonesia. Ia mampu membawa Indonesia mengakhiri dahaga trofi setelah mempersembahkan juara Piala AFF 2013.

Tak hanya prestasi, pelatih berusia 55 tahun ini juga rajin menelurkan bibit-bibit pesepak bola muda. Sebelum ada Egy, Indra juga mengenalkan Evan Dimas, Putu Gede, dan Muhammad Hargianto yang kini menjadi andalan timnas U-23.

Kini, setelah sempat diberhentikan sebagai pelatih pada akhir tahun lalu, Indra akan kembali melanjutkan misi yang terlepasnya sebagai juru taktik Timnas U-19. Pelatih kelahira Pesisir Selatan ini diharapkan bisa membawa Indonesia ke Piala Dunia U-19 di Polandia tahun depan.

Data Fakta Indonesia di Piala Asia U-19
Partisipasi: 17 kali
Prestasi Terbaik: Juara 1961
Pemain Bintang: Egy Maulana Vikri
Pelatih: Indra Sjafri
Catatan 5 pertandingan terakhir: 
Menang: 2 kali
Seri: 1 kali
Kalah: 2 kali



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id