Timnas Singapura (Foto Antara/SIGID KURNIAWAN)
Timnas Singapura (Foto Antara/SIGID KURNIAWAN)

Piala AFF 2018: Hajar Timor Leste, Singapura Buka Asa Lolos ke Semifinal

Bola piala aff
Riyan Ferdianto • 21 November 2018 20:56
Kallang: Timnas Singapura berhasil mengemas poin penuh saat menjamu Timor Leste pada lanjutan babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018, Rabu 21 November. Tak tanggung-tanggung tim besutan Fandi Ahmad menang dengan skor telak 6 -1.
 
Tampil di National Stadium, Singapura langsung mengambil alih inisiatif serangan. Bahkan, mereka berhasil membuka keunggulan pada menit ke-11 melalui sundulan Safuwan Baharudin usai memanfaatkan sepak pojok.
 
Namun, keunggulan tuan rumah tidak berlangsung lama. Dua menit kemudian atau tepatnya pada menit ke-13 Timor Leste sukses menyamakan kedudukan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berawal dari peroses serangan balik, Rufinho berhasil melesatkan sontekan kaki kanan yang tidak bisa diantisipasi oleh kiper Singapura. Skor berubah menjadi 1-1.
 
Singapura mencoba terus bermain agresif beberapa percobaan terus dilakukan oleh Zulqarnaen Suzliman dan Safuwan Baharudin. Terus menekan pertahanan Timor Leste, Singapura akhirnya kembali unggul 2-1 pada menit ke-19. Safuwan Baharudin berhasil mencetak gol keduanya pada pertandingan ini.
 
Klik di sini: Harapan Bima untuk Suporter Indonesia Jelang Bentrok dengan Filipina
 
Singapura semakin bersemangat usai kembali unggul atas Timor Leste. Alhasil, pada menit ke-30 tim tuan rumah berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-1. Kali ini gol dicetak oleh Ikhsan Fandi.
 
Ikhsan Fandi makin tidak terbendung. Putra dari Fandi Ahmad itu berhasil menambah gol pada menit ke-42 untuk membawa Singapura menutup babak pertama dengan keunggulan 4-1.
 
Usai jeda, Singapura tidak mengendurkan serangannya. Beberapa kali percobaan terus dilakukan Singapura untuk menambah gol. Sementara Timor Leste terlihat belum mampu keluar dari tekanan tim tuan rumah.
 
Hingga menit ke-70 Singapura masih kesulitan menambah keunggulan. Begitupun Timor Leste, mereka terlihat kesulitan menembus pertahanan tim Singapura.
 
Pada menit ke-75 Singapura hampir menambah keunggulan. Namun sayang, sontekan keras Zulqarnaen Suzliman masih membentur tiang gawang.
 
Terus menekan pertahanan Timor Leste, Gol kelima Singapura akhirnya tercipta pada menit ke-90. Gol tersebut dicetak oleh F Ramli usai memanfaatkan sepak pojok. Skor berubah menjadi 5-1.
 
Pesta gol Singapura belum berakhir. Safuwan Baharudin berhasil mencetak hattrick pada menit ke-92 sekaligus menutup babak kedua dengan skor 6-1.
 
Hasil ini membuat Singapura membuka asa untuk lolos ke semifinal dengan menyisakan satu laga terakhir kontra Thailand. Saat ini, Singapura berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup B dengan raihan enam poin. Sementara Thailand dan Filipina ada di dua posisi teratas dengan koleksi tujuh poin. Ketiga tim tersebut pun masih menyisakan satu laga terakhir.
 
Susunan pemain:
 
Singapura: H Sunny, S Hamzah, S Bahrudin, Irfan Fandi, Zulqarnaen Suzliman, H Harun, Z Arifin, I Shafiq, K Amri (65 Ramli), G Quak Jun Yi (55 N Nazari), Ikhsan Fandi
 
Timor Leste: Aderito, Jose Guterres, Filomeno, Gumario (55 Nidio Ricardo), Goncalves, Nelson Viegas, Nataniel, Ramos, Ade, Silveiro Garcia, Rufino
 
Video: Timnas Indonesia Fokus Petik Kemenangan Lawan Filipina

 

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi