Timnas Brasil gagal menang kontra Venezuela (AFP/RAUL ARBOLEDA)
Timnas Brasil gagal menang kontra Venezuela (AFP/RAUL ARBOLEDA)

Dua Gol Dianulir VAR, Brasil Gagal Tundukkan Venezuela

Bola copa america
Riyan Ferdianto • 19 Juni 2019 09:56
Jakarta: Timnas Brasil gagal memetik poin penuh saat melawan Venezuela pada laga fase grup Copa America 2019. Laga yang berlangsung di Stadion Arena Fonte Nova, Brasil, Rabu 19 Juni berakhir tanpa gol.
 
Hasil ini tentu mengecewakan bagi Brasil. Apalagi, tim besutan Tite tersebut mampu mendominasi pertandingan. Statistik mencatat mereka bermain dengan penguasaan bola sebanyak 69 Persen berbanding 31 persen milik Venezuela.
 
Mengawali babak pertama Brasil langsung tampil dominan. Peluang emas didapat David Neres pada menit ke-15. Penyerang Brasil itu berhasil menguasai bola di kotak penalti, namun gagal melepaskan si kulit bundar ke gawang Venezuela. Semenit berselang giliran tembakan jarak dekat Richarlison yang diblok Wuilker Farinez.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Venezuela tak hanya sibuk bertahan, pada menit ke-19 tim berjuluk La Vinotinto mengancam gawang Alisson Becker melalui sundulan jarak dekat Solomon Rondon memanfaatkan umpan Ronald Hernandez. Beruntung, kiper Liverpool tersebut masih bisa mengantisipasi bola tersebut.
 
Pada menit ke-38 Roberto Firmino berhasil membobol gawang Venezuela. Namun sayang, wasit Julio Bascunan menilai pemain Liverpool itu melanggar Mikel Villanueva ketika berduel memperebutkan bola yang dikirim Dani Alves dari sayap kanan. Skor 0-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.
 
Gagal mencetak gol di babak pertama, Brasil langsung mendobrak dengan bermain menyerang di babak kedua. Gencar melakukan serangan, Brasil kembali sukses menceploskan bola ke gawang Venezuela pada menit ke-60 berkat tembakan jarak dekat Gabriel Jesus.
 
Apes untuk Brasil, lagi-lagi wasit mengecek VAR dan memutuskan tidak ada gol tercipta lantaran Firmino yang mengirim bola ke Jesus dinilai berada pada posisi offside.
 
Brasil tak kenal lelah membongkar pertahanan lawan melalui sisi kanan dan kiri maupun tengah. Namun pemain-pemain Venezuela berulang kali mampu membaca rancangan serangan yang dibangun tim Kuning Biru.
 
Mengurung pertahanan Venezuela, Brasil membuat gawang lawan bergetar pada menit ke-87. Lagi-lagi wasit dengan bantuan VAR menganulir gol Brasil. Namun tak jelas alasan wasit membatalkan gol Brasil lantaran semua pemain berada pada posisi onside dan tidak ada handsball.
 
Hingga babak kedua usai, kedua tim gagal mencetak gol. Skor 0-0 tidak berubah.
 
Meski hanya meraup satu poin, Brasil berhak menggeser Peru yang dipertandingan sebelumnya sukses mengalahkan Bolivia. Selecao berhak memuncaki Grup A karena unggul selisih gol atas Peru yang sama-sama mengoleksi empat poin dari dua pertandingan.
 
Susunan pemain:
 
Brasil:
Alisson; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Filipe Luis; Casemiro, Arthur; Richarlison, Philippe Coutinho, David Neres; Roberto Firmino
 
Venezuela:Wuilker Farinez; Roberto Rosales, Yordan Osorio, Mikel Villanueva, Ronald Hernandez; Junior Moreno; Darwin Machis, Yangel Herrera, Tomas Rincon, Jhon Murillo; Salomon Rondon
 
Video: Setelah Hazard, Zidane Inginkan Gelandang Manchester United
 

 

(ACF)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif