Pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay menendang bola ke arah gawang Timnas Myanmar. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay menendang bola ke arah gawang Timnas Myanmar. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Susah Payah Tekuk Myanmar, Timnas U-23 Akhirnya ke Final

Bola Timnas U-23 SEA Games 2019 Filipina
Kautsar Halim • 07 Desember 2019 18:29
Manila: Timnas sepak bola Indonesia U-23 akhirnya melaju ke final SEA Games 2019. Tren positif itu mereka raih setelah susah payah menundukkan Myanmar dengan skor 4-2 pada semifinal, Sabtu 7 Desember.
 
Pertandingan berlangsung sengit di Rizal Memorial Stadium, Manila. Sebelum unggul dua gol lebih dulu, timnas U-23 sempat ditahan imbang tanpa gol pada babak pertama. Meski begitu, Garuda Muda sudah terlihat mendominasi.
 
Gol yang ditunggu-tunggu timnas U-23 baru tercipta lewat Evan Dimas pada menit ke-57. Setelah itu, Garuda Muda tampil makin agresif dan sukses menggandakan keunggulan melalui sundulan Egy Maulana Vikri pada menit ke-71.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Di luar dugaan, Myanmar tetap tampil pantang menyerah meskipun sudah tertinggal. Hasilnya, mereka hanya butuh waktu singkat untuk menyamakan kedudukan lewat gol Mann Aung Kaung pada menit ke-79 dan Win Naing Tun pada menit ke-80. Masing-masing gol tersebut tercipta karena kesalahan pemain Indonesia sendiri.
 
Tidak banyak yang bisa dilakukan timnas U-23 ketika diimbangi pada pengujung babak kedua. Mereka memilih lebih bertahan karena tingginya kepercayaan diri Myanmar ketika melancarkan serangan. Skor 2-2 bertahan hingga peluit panjang berakhir.
 
Perlahan tapi pasti, timnas U-23 mulai memperbaiki performa pada babak tambahan pertama. Kedisiplinan saat menyerang maupun bertahan membuat Garuda Muda kembali unggul lewat gol Osvaldo (menit ke-101) dan Evan (menit ke-117).
 
Myanmar tampak kesulitan membangun serangan di sepanjang babak tambahan. Selain itu, terdapat kartu merah yang dikeluarkan wasit kepada salah satu pemainnya yang sengaja menendang Osvaldo pada pengujung babak tambahan kedua. Skor kemenangan 4-2 untuk timnas U-23 tidak berubah.
 
Selanjutnya, timnas U-23 akan melanjutkan perjuangan di babak final pada Selasa 10 Desember. Lawan yang dihadapinya adalah pemenang dari laga semifinal antara Vietnam kontra Kamboja yang bakal bergulir sesaat lagi.
 
Starting XI Myanmar vs Timnas U-23
 
Myanmar: Sann Sat Naing, Wen Moe Kyat, Ye Min Thu, Hlaing Bo Bo, Lwin Moe Aung, Myat Kaung Khant, Aung Wunna Soe, Aung Naing Win, Htet Phyoe Wai, Nay Moe Naing
 
Indonesia: Nadeo Winata, Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika, Asnawi Mangkualam, Zulfiandi, Evan Dimas Darmono, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli, Osvaldo Haay.

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif