Penyerang Spanyol Rodrigo (tengah) berselebrasi usai membobol gawang Swedia (Foto: AFP/Jessica Gow)
Penyerang Spanyol Rodrigo (tengah) berselebrasi usai membobol gawang Swedia (Foto: AFP/Jessica Gow)

Tahan Imbang Swedia, Spanyol Lolos ke Piala Eropa 2020

Bola liga dunia timnas spanyol kualifikasi piala eropa timnas swedia
Patrick Pinaria • 16 Oktober 2019 06:17
Solna: Spanyol memastikan diri lolos ke Piala Eropa 2020. Itu bisa terjadi setelah La Furia Roja menahan imbang Swedia dengan skor 1-1 pada laga kedelapan Grup F babak kualifikasi, Rabu 16 Oktober dini hari WIB.
 
Hasil imbang tersebut memang menggambarkan situasi pertandingan. Kedua tim bermain terbuka sepanjang pertandingan. Statistik mencatat Swedia mampu melepaskan tujuh tembakan mengarah ke gawang dari 11 peluang. Sedangkan Spanyol menciptakan enam tembakan mengarah ke gawang dari 15 peluang.
 
Spanyol mencoba untuk tampil agresif di awal babak pertama. Mereka beberapa kali mengancam gawang tim tuan rumah lewat peluang-peluang Thiago Alcantara dan Rodri. Tetapi, upaya-upaya mereka tidak ada yang berbuah maksimal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Swedia mencoba keluar dari tekanan ketika laga sudah melewati 20 menit pertandingan. Peluang-peluang berbahaya mulai diciptakan tim tuan rumah melalui Mikael Lustig dan Robin Quaison. Beruntung bagi Spanyol karena sejumlah peluang tersebut tidak ada yang membuahkan hasil.
 
Hingga turun minum, kedua tim tidak ada yang mencetak gol. Skor 0-0 bertahan.
 
Situasi pertandingan tidak berubah ketika memasuki babak kedua. Spanyol dan Swedia terus menunjukkan permainan terbuka. Aksi balas membalas menciptakan peluang pun masih diperagakan kedua tim.
 
Bahkan, Swedia sukses memecah kebuntuan ketika babak kedua baru berjalan lima menit. Tepat pada menit ke-50, mereka mencetak gol melalui gol Marcus Berg setelah memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti.
 
Kebobolan membuat Spanyol tampil makin agresif. Mereka berupaya menciptakan peluang-peluang guna menyamakan kedudukan. Namun, mereka tampak kesulitan mencetak gol lantaran Swedia mulai tampil lebih disiplin dalam bertahan.
 
Namun, pertahanan ketat Swedia akhirnya bobol juga pada masa injury time. Saat itu, Spanyol mampu menaklukkan gawang kiper Swedia Robin Olsen lewat gol Rodrigo.
 
Gol tersebut sekaligus menyelamatkan Spanyol dari kekalahan. Mereka pun mampu mempertahankan skor imbang 1-1 hingga laga usai.
 
Hasil imbang ini sudah cukup meloloskan mereka ke Piala Eropa 2020. Saat ini, mereka bertahan di puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 20 poin.
 
Sementara itu, Swedia terpaku di posisi kedua klasemen dengan mengoleksi 15 poin. Mereka masih harus berjuang di dua laga terakhir untuk meraih tiket lolos ke babak utama.
 

Susunan pemain:
 
Swedia: Robin Olsen, Pierre Bengtsson, Andreas Granqvist, Victor Lindelof, Mikael Lustig, Emil Forsberg, Kristoffer Olsson, Albin Ekdal/Gustav Svensson (83'), Sebastian Larsson, Robin Quaison/Alexander Isak 77'), Marcus Berg/Sebastian Andersson (90+3').
 
Spanyol: David de Gea/Kepa Arrizabalaga (60'), Juan Bernat, Inigo Martinez, Raul Albiol, Dani Carvajal/Jesus Navas (81'); Thiago Alcantara/Rodrigo (66'), Rodri, Fabian Ruiz; Dani Ceballos, Gerard Moreno, Mikel Oyarzabal.
 

Video: Prancis Ditahan Imbang Turki 1-1
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif