Skuat Timns U-23 (Foto Antara/R Rekotomo)
Skuat Timns U-23 (Foto Antara/R Rekotomo)

Sepuluh Pemain Indonesia Susah Payah Tundukkan Brunei

Bola kualifikasi piala asia u-23
Riyan Ferdianto • 26 Maret 2019 19:32
Hanoi: Timnas Indonesia U-23 berhasil menaklukkan Brunei Darussalam pada laga pamungkas Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Selasa 26 Maret. Bertanding di My Dinh National Stadium, Garuda Muda menang dengan skor tipis, 2-1.
 
Indonesia menunjukkan permainan agresif sejak awal babak pertama. Laga baru berjalan tiga menit, Gian Zola mendapat peluang emas lewat umpan matang Witang Sulaiman. Namun, sontekannya masih jauh dari sasaran.
 
Hingga laga berlalu 15 menit, Indonesia masih tenang mendominasi penguasaan bola. Skuat asuhan Indra Sjafri itu terlihat enggan terburu-buru dalam mengatur alur serangan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indonesia baru memecah kebuntuan lewat gol Dimas Drajat pada menit ke-19. Memanfaatkan kesalahan kiper Brunei, Witan Sulaiman dengan tenang memberi umpan matang yang diselesaikan dengan baik oleh Dimas. Skor berubah menjadi 1-0.
 
Berhasil unggul membuat Indonesia lebih percaya diri. Beberapa kali aksi Witan dan Zola merepotkan lini pertahanan lawan, tapi penyelesaian akhirnya masih buruk. Alhasil, keunggulan satu gol untuk Indonesia tidak berubah hingga turun minum.
 
Usai jeda, timnas U-23 langsung tancap gas menggempur pertahanan Brunei. Dimas kembali mendapat peluang emas pada menit ke-47 tapi sundulannya masih jauh dari sasaran.
 
Agar timnas U-23 tampil lebih efektif, pelatih Indra Sjafri memutuskan untuk memainkan Egy Maulana Vikri dan Hanif Sahbandy. Strategi itu membuahkan hasil dengan lahirnya gol tendangan jarak jauh Rafi Syarahil pada menit ke-79.
 
Unggul dua gol malah membuat pertahanan Indonesia kendur. Brunei pun jadi leluasa melancarkan serangan balik yang berbuah tendangan penalti. Hadiah penalti diberikan wasit karena kiper M. Riyandi menjatuhkan pemain Brunei saat berhadapan satu lawan satu di kotak penalti.
 
Azim yang ditunjuk sebagai algojo sempat gagal memanfaatkan hadiah tendangan penalti karena sepakannya bisa ditepis Riyandi. Tapi, wasit malah memberi kartu kuning kedua atau kartu merah untuk Riyandi karena dianggap bergerak lebih dulu sebelum Azim menendang bola.
 
Kartu merah yang diterima Riyandi memaksa timnas U-23 menjadikan Dimas sebagai kiper karena jatah tiga pergantian pemain sudah habis. Tendangan penalti pun diputuskan untuk diulang dan Azim baru bisa memperkecil kekalahan.
 
Saat injury time, Brunei berpeluang besar menyamakan kedudukan karena kembali mendapat hadiah penalti seusai Egy menjatuhkan salah satu pemainnya di kotak terlarang. Beruntung, tendangan penalti itu mampu ditepis Dimas dan laga pun langsung berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Indonesia.
 
Hasil pertandingan tidak berpengaruh terhadap asa kedua tim yang ingin lolos fase grup. Sebab, baik Brunei maupun Indonesia sudah dikalahkan Vietnam dan Thailand pada laga sebelumnya. Kendati demikian, setidaknya Indonesia tidak menjadi juru kunci.
 
Berikut susunan pemain Indonesia vs Brunei :
 
Timnas Indonesia U-23: Riyandi, Nurhidayat, Bagas, Samuel, Fredyan, Rafi, Hanif, Zola, Witan, Saddil, Dimas.
 
Brunei Darussalam U-23: Syakir, Wafi, Asyraf, Nazir, Farhan, Haziq, Martin, Rahimin, Amin, Haimie, Hanif.
 
Video:Enrique: Ramos Pemain Unik Sepanjang Sejarah
 

 

(KAU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif