Asisten pelatih Timnas U-22 Nova Ariyanto memimpin sesi latihan Timnas U-22 selama Indra Sjafri absen karena mengambil lisensi kepelatihan AFC Pro di Spanyol (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)
Asisten pelatih Timnas U-22 Nova Ariyanto memimpin sesi latihan Timnas U-22 selama Indra Sjafri absen karena mengambil lisensi kepelatihan AFC Pro di Spanyol (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Kelemahan Timnas U-22 Versi Nova Ariyanto

Bola piala aff Timnas U-22 Indra Sjafri
Kautsar Halim • 23 Januari 2019 00:34
Transisi dari menyerang ke bertahan diakui Nova Ariyanto masih menjadi kelemahan Timnas U-22. Para pemain masih cenderung terfokus pada pemain yang pegang bola dan lalai mengawasi pergerakan tanpa bola pemain lainnya.
 
Jakarta:
Sebagai asisten pelatih, Nova Ariyanto, langsung ditugaskan memimpin lanjutan seleksi timnas U-22. Itu terjadi karena Indra Sjafri selaku kepala pelatih masih berada di Spanyol untuk mengejar Lisensi AFC Pro.
 
Sebelum ditinggal Indra, Nova juga sudah membantu latihan timnas U-22 dalam dua pekan belakangan. Jadi, dia turut mengikuti perkembangan para calon penggawa timnas U-22 yang tersisa 30 orang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama menjalankan tugasnya itu, Nova menuturkan transisi bertahan ke menyerang atau sebaliknya menjadi pekerjaan rumah paling berat. Sebab, masih banyak pemain yang kurang disiplin atau salah komunikasi ketika transisi.

Baca:Nova Ariyanto Fokus Asah Pertahanan Timnas U-22


"Transisi memang jadi masalah terbesar, tapi itu hampir merata di setiap klub Indonesia. Saya lihat transisi dari menyerang ke bertahan itu yang harus kita perbaiki," kata Nova usai latihan timnas U-22 di Stadion Madya, Selasa 22 Januari.
 
"Dari pengalaman saya, kita hanya fokus kepada bola saja. Padahal harusnya kita bisa menjaga pemain juga," tambah mantan bek tengah timnas Indonesia tersebut.
 
Nova yang kini berusia 40 tahun sudah kenyang pengalaman menjadi bek timnas atau klub profesional. Beberapa tim papan atas yang pernah dibelanya adalah Persebaya Surabaya, Persib Bandung dan Sriwijaya FC.

Baca:Penggawa Timnas U-22 Bakal Hadapi Menu Latihan Berat


Nova menjelaskan, biasanya para pemain Indonesia hanya fokus kepada pemain yang menguasai bola dan cenderung tidak memperhatikan pemain tanpa bola. Kondisi seperti itulah yang dianggap Nova harus dibenahi para calon penggawa timnas U-22.
 
"Semoga apa yang pernah saya lakukan (pengalaman) bisa dterapkan kepada pemain di sini," tutup Nova.
 
Sesi latihan Timnas U-22 ini digelar sebagai persiapan untuk tampil di Piala AFF U-22, Februari mendatang. Dalam seleksi ini, Indra Sjafri juga bakal memangkas anggota Timnas U-22 menjadi hanya 23 pemain.
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga?
 
Video:?Umuh Muchtar Berharap Ada Pergantian di Tubuh PSSI

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif