(kiri-kanan) Manuela Nicolosi,  Clement Turpin, Stephanie Frappart dan Michelle O'Neill. (OZAN KOSE / AFP)
(kiri-kanan) Manuela Nicolosi, Clement Turpin, Stephanie Frappart dan Michelle O'Neill. (OZAN KOSE / AFP)

Meski Kurang Puas, Klopp Tetap Puji Wasit Wanita Piala Super Eropa

Bola liverpool
Kautsar Halim • 15 Agustus 2019 16:29
Istanbul: Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, mengomentari kualitas wasit di laga perebutan Piala Super Eropa 2019. Menurutnya, Liverpool bisa menang besar apabila pertandingan bergulir murni sesuai aturan.
 
Untuk pertamakalinya, ajang Piala Super Eropa atau event sepak bola tertinggi Benua Biru diawasi tim wasit yang diisi mayoritas wanita. Stephanie Frappart bertugas sebagai wasit utama, Manuela Nicolosi dan Michelle O'Neill berperan sebagai asisten wasit, sedangkan Clement Turpin yang berjenis kelamin pria bertugas sebagai wasit VAR.
 
Liverpool baru bisa keluar sebagai juara setelah menundukkan Chelsea lewat adu penalti yang berkesudahan dengan skor, 5-4. Itu terpaksa dilakukan karena hasil imbang 2-2 tetap bertahan hingga memainkan babak tambahan.

Klik:Rizky Pora Terima Nasib Dicoret Timnas Indonesia


Pertandingan memang berlangsung menarik karena kedua tim saling berbalas gol. Chelsea unggul lebih dulu lewat Oliver Giroud pada menit ke36, sedangkan Liverpool sukses membalikkan keadaan lewat sepasang gol Sadio Mane pada menit ke-48 dan ke-95. Nahas bagi The Reds, Chelsea tetap bisa menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti Jorginho pada menit ke-101.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Berbicara seusai laga, Klopp mengatakan bahwa timnya bisa menang besar pada waktu normal apabila sang pemimpin laga lebih jeli mengambil keputusan. Sebab, Klopp berpendapat hukuman tendangan penalti itu tidak perlu dilakukan dan banyak dari serangan Chelsea yang berbau offside.
 
"Seusai laga, saya bilang kepada tim wasit: Kami bisa menang 6-0 apabila pertandingan bergulir sesuai aturan. Tapi ini murni pendapat saya karena para pemain sudah bertanding secara brilian," kata Klopp di situs resmi Liverpool.
 
"Kemudian, saya juga bilang kepada dia (wasit wanita) bahwa tidak senang dengan keputusan tendangan penalti. Namun, itu bukan hal yang penting lagi. Mereka (tim wasit) tetap menjalankan tugasnya dengan baik," tambahnya.

Klik:Liverpool Juara Piala Super Eropa 2019


Kendati demikian, Klopp turut menjelaskan bahwa dirinya paham benar dengan beban seorang wasit yang memimpin laga bersejarah. Terlebih lagi, mayoritas tim wasit kali ini diisi oleh kaum hawa.
 
"Terserah apa yang Anda pikirkan sebelum pertandingan, tapi tekanan besar pasti dialami wasit. Tentu bukan tugas mudah untuk tetap kalem dan mengambil keputusan dalam laga ketat dan bersejarah seperti ini. Jujur saja saya respek kepada mereka (para wasit) yang juga tampil brilian," tutup Klopp.
 

 

(KAU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif