Para pemain Mali merayakan gol yang dicetak Amadou Haidara (AFP/Ozan Kose)
Para pemain Mali merayakan gol yang dicetak Amadou Haidara (AFP/Ozan Kose)

Mali dan Tunisia Segel Tempat Terakhir di Babak 16 Besar Piala Afrika

Bola piala afrika 2019
Gregorius Gelino • 03 Juli 2019 08:04

Mali lolos setelah memuncaki grup E sedangkan Tunisia sebagai runner up.


Reda: Mali dan Tunisia menjadi dua tim terakhir yang memastikan tempat mereka di babak 16-besar Piala Afrika 2019. Mali lolos sebagai juara Grup E, sedangkan Tunisia menjadi posisi runner-up di grup yang sama.
 
Mali berhasil lolos usai menaklukkan Angola dengan skor tipis 1-0 pada laga terakhir penyisihan Grup E, Rabu 3 Juli dini hari WIB. Satu-satunya gol mereka itu diciptakan oleh gelandang milik RB Leipzig Amadou Haidara.
 
Kemenangan itu pun membawa Mali finis di puncak klasemen dengan mengoleksi tujuh poin. Mereka unggul empat poin dari Tunisia yang juga memastikan diri lolos di posisi runner-up.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Posisi tersebut berhasil dipastikan Tunisia setelah hanya menahan imbang Mauritania dengan skor 0-0. Dengan hasil itu, Tunisia mengakhiri fase Grup E dengan mengoleksi tiga poin dan unggul satu poin dari Angola dan Mauritania yang berada di posisi ketiga dan keempat.
 
Kepastian meraih babak 16-besar juga didapat dua tim di Grup F yang bertanding pada laga terakhir, Selasa 2 Juli malam hari WIB, yakni Ghana dan Kamerun. Namun, hasil berbeda didapat kedua tim tersebut.
 
Ghana sukses meraih kemenangan atas Guinea-Bissau dengan skor 2-0. Sedangkan Kamerun hanya bermain imbang tanpa gol dengan Benin.
 
Dengan hasil yang didapat pada laga terakhir itu, Ghana dan Kamerun sama-sama mengoleksi lima poin dan memiliki produktivitas gol yang sama. Akan tetapi, Ghana berhak finis sebagai juara grup lantaran lebih unggul dalam mencetak gol (4 gol). Sedangkan Kamerun finis di posisi runner-up dengan hanya menciptakan dua gol sepanjang penyisihan grup.
 
Berikut hasil Piala Afrika 2019 pada Selasa 2 Juli malam hari WIB hingga Rabu 3 Juli dini hari WIB:
 
Selasa 2 Juli
Benin 0-0 Kamerun
Guinea-Bissau 0-2 Ghana
 
Rabu 3 Juli
Mauritania 0-0 Tunisia
Angola 0-1 Mali
 
Di partai 16 besar, Mali akan menghadapi Pantai Gading yang merupakan runner up Grup D. Sementara Tunisia akan menghadapi pemuncak klasemen Grup F, Ghana.
 
Video: Vidal: Cile Ingin Cetak Sejarah
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif