Pemain Australia merayakan kemenangan atas Uzbekistan (AFP/Giuseppe Cacace)
Pemain Australia merayakan kemenangan atas Uzbekistan (AFP/Giuseppe Cacace)

Australia Singkirkan Uzbekistan Lewat Adu Penalti

Bola piala asia 2019
Gregorius Gelino • 22 Januari 2019 00:13
Mat Ryan menjadi pahlawan kemenangan Australia setelah mengamankan dua tendangan penalti eksekutor Uzbekistan.
 
Al Ain
: Australia harus bersusah payah untuk menyingkirkan Uzbekistan pada babak 16 besar Piala Asia 2019. Setelah bermain imbang tanpa gol selama 120 menit, Socceroos harus melalui drama adu penalti untuk melaju ke babak perempat final.
 
Secara keseluruhan, Australia tampil dominan dalam pertandingan di Sheikh Khalifa International Stadium, Senin 21 Januari 2019. Mereka melepaskan 17 tembakan dengan sembilan yang mengarah ke gawang. Sementara Uzbekistan hanya bisa menciptakan tujuh tendangan dengan dua yang akurat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Meski mendominasi, Australia nyaris kebobolan terlebih dulu di menit kesembilan. Penyerang Eldor Shomurodov melakukan akselerasi dari sisi kanan melewati pemain bertahan Australia, sayang sepakannya masih bisa diamankan Mat Ryan.
 
Selepas peluang Shomurodov, Australia mencoba menekan pertahanan Uzbekistan. Namun, pertahanan rapat yang ditunjukkan Uzbekistan sulit ditembus Socceroos. Alhasil babak pertama berakhir dengan skor kacamata.
 
Tom Rogic nyaris membawa negaranya unggul di menit ke-70. Sayang tendangannya masih lemah dan dapat diamankan kiper Uzbekistan, Ignatiy Nesterov.
 
Tendangan Mathew Leckie dari luar kotak penalti di menit ke-72 hampir membuahkan hasil. Sayang sepakannya masih bisa ditepis Nesterov.
 
Australia kembali membahayakan gawang Uzbekistan di menit ke-92. Apostolos Giannou yang tidak terkawal menyambut umpan silang Aziz Behich. Sayangnya sundulan pemain keturunan Yunani itu masih lemah dan dapat diamankan dengan mudah oleh Nesterov.
 
Skor masih sama kuat setelah 90 menit sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.
 
Nesterov tampil gemilang di pertandingan ini. Ia menyelamatkan dua peluang Australia dari Rogic dan Leckie untuk menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.
 
Nesterov lagi-lagi menggagalkan peluang Australia. Mendapat umpan silang Giannou, tendangan Behich masih bisa diamankan kiper 35 tahun itu.
 
Skor 0-0 bertahan hingga 120 menit. Pertandingan terpaksa dilanjutkan ke babak adu penalti.
 
Di babak adu penalti, Mat Ryan menjadi pahlawan Australia. Ia menggagalkan eksekusi Islom Tukhtakhodjhaev dan Marat Bikmaev. Sedangkan Nesterov hanya mampu menyelamatkan eksekusi penalti Behich.
 
Berkat kemenangan ini, Australia berhak melaju ke babak perempat final. Pada babak delapan besar, Australia akan menghadapi pemenang antara tuan rumah Uni Emirat Arab yang akan menghadapi Kirgizstan, beberapa saat lagi.
 
Susunan pemain:
Australia (4-2-3-1): Ryan; Grant, Sainsbury, Degenek, Behich; Irvine, Milligan; Mabil (Leckie 68'), Rogic (Luongo 111'), Ikonomidis (Kruse 96'); MacLaren (Giannou 75')
 
Uzbekistan (4-3-3): Nesterov; Khasimov, Tuktakhodjarv, Ismailov, Zoteev (Sayfiev 105'); Akhmedov, Shukurov, Sidikov (Alivaev 73'); Khamdamov (Turgunboev 107'), Shomurodov (Bikmaev 104'), Masharipov
 
Video: Desakan Regime Change di PSSI
 

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif