FIrman Utina (Medcom.id/Rendy Renuki H)
FIrman Utina (Medcom.id/Rendy Renuki H)

Komunikasi Jadi Masalah Utama Timnas Indonesia

Bola piala aff
Rendy Renuki H • 23 November 2018 13:58
Jakarta: Mantan kapten Timnas Indonesia, Firman Utina, menyoroti komunikasi di dalam skuat Garuda. Hal itu dinilai menjadi masalah utama Timnas yang gagal merealisasikan target juara Piala AFF 2018.
 
Ia melihat komunikasi yang terjalin di dalam tim belum berjalan baik. Pasalnya, sebagai seorang mantan kapten Timnas, komunikasi antarpemain di lapangan justru menjadi hal terpenting dalam setiap pertandingan.
 
"Kalau saya lihat lini sudah komplet. Tapi intinya chemistry-nya enggak dapat. Maksud saya, jarang ada teman salah ditegur, atau enggak ngasih tahu ada lawan dibelakangnya. Kelihatan," ujar Firman Utina saat ditemui, Kamis 22 November lalu, usai mengikuti laga amal di Palu, Sulawesi Tengah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Karena masih ragu, seorang Evan Dimas ragu menegur Beto (Alberto Goncalves) untuk bantu balik lagi (bertahan), seorang Fachruddin Arianto masih ragu menegur pemain lain untuk kembali ke posisinya. Ini kan hal-hal tim, kita berbicara tim," sambungnya.
 
Menurutnya, jika chemistry sudah berjalan baik, para pemain tentu akan siap memberikan segalanya bagi Timnas. Bukan hanya sekadar dipanggil dan bermain di Timnas, tanpa adanya komunikasi yang baik di lapangan.
 
"Kalau chemistry sudah dapat, segala sesuatu akan dilakukan untuk tim. Mau berantem-berantem di lapangan, semua hanya untuk tim. Begitu," pungkas Presiden Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) itu.
 
Timnas Indonesia harus menutup asa lolos dari Grup B Piala AFF 2018. Indonesia dipastikan gagal melangkah ke semifinal meski masih menyisakan satu pertandingan kontra Filipina pada Minggu 25 November.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif