Sekjen PSSI Ratu Thisa-Medcom.id/Gregorius Gelino
Sekjen PSSI Ratu Thisa-Medcom.id/Gregorius Gelino

Ratu Tisha: PSSI Serius Kembangkan Talenta Muda

Bola sepak bola liga dunia
Gregorius Gelino • 18 Mei 2019 02:23
Untuk memperbanyak jumlah pemain muda berkualitas, PSSI nantinya akan kembali melakukan seleksibatchkedua Garuda Select.
 
Jakarta: PSSI mengaku serius mengembangkan talenta muda pesepak bola Indonesia. Salah satu contohnya adalah dengan membentuk tim Garuda Select.
 
Garuda Select adalah proyek Elite Pro Academy (EPA) yang dicanangkan PSSI bekerja sama dengan Super Soccer TV. EPA merupakan program akselerasi pengembangan usia muda menuju Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2030.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Garuda Select merupakan tim berkomposisi pemain muda U-18. Sebanyak 24 pemain muda terbaik dipilih dan dikirim ke Inggris untuk menjalani latih tanding dengan tim muda setempat.
 
"PSSI nggak main-main ketika kita bilang bahwa kita ingin menuju Olimpiade 2024. Kita tahu bahwa basisnya sudah kita buat melalui EPA. Namun kita juga tidak bisa menunggu dan kita harus membuat program percepatan untuk Elite Pro Academy. Dan salah satunya adalah dengan Garuda Select," papar Sekretaris Jendral PSSI Ratu Tisha ketika ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, pada Jumat, 17 Mei 2019 malam.
 
Baca juga: Karakteristik Pemain Asia dan Eropa Versi Garuda Select
 
"Pekerjaan rumah PSSI saat ini adalah, setelah program batch angkatan pertama ini, bagimana sekarang kita membawa ilmu yang sudah didapat dengan tim kepelatihan dan akademi di sana ke Indonesia, untuk meng-upgrade EPA di klub Liga 1 yang ada," tegasnya.
 
Untuk memperbanyak jumlah pemain muda berkualitas, PSSI nantinya akan kembali melakukan seleksi batch kedua Garuda Select. Nantinya, mereka akan dikirim ke Inggris dan Italia.
 
"Pemain yang terbaik akan berangkat di batch dua pada akhir tahun ini. Bila nanti dari EPA U-18 dan U-16 bisa ditemukan pemain terbaik yang jumlahnya lebih dari 40 orang, maka akan kita bagi dua tim yang terbagi dalam kategori usia U-16 dan U-18," tandasnya
 
"Akan ada pilihan dua negara, Inggris dan Italia. Namun, itu belum keputusan yang pasti dikarenakan kita harus melihat dulu talentanya. Apabila dari EPA U-16 dan U-18 ternyata anak terbaiknya hanya berjumlah 30 orang, maka hanya akan dikirim satu tim dan opsinya itu di Inggris," pungkasnya.
 
Video: Kericuhan Suporter Mewarnai Laga Pembuka LIGA 1 2019

 

(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif