Piala AFF 2018

Singkirkan Filipina, Vietnam Hadapi Malaysia di Final AFF 2018

Gregorius Gelino 06 Desember 2018 21:37 WIB
piala aff
Singkirkan Filipina, Vietnam Hadapi Malaysia di Final AFF 2018
Timnas Vietnam merayakan kelolosan mereka ke babak final Piala AFF 2018 (AFP/Manan Vatsyayana)
Hanoi: Vietnam akan menantang Malaysia di partai final Piala AFF 2018. Tiket final diraih Vietnam usai menang 2-1 atas Filipina pada leg kedua semifinal, Kamis 6 Desember 2018.

Kemenangan ini membuat agregat skor menjadi 4-2 karena di leg pertama Vietnam sukses mencuri kemenangan 1-2. Ini menjadi final ketiga Vietnam setelah 2008 dan 1998.

Bertanding di markas sendiri, Vietnam menerapkan permainan terbuka. Filipina yang butuh kemenangan untuk membalas kekalahan di leg pertama pun tak gentar untuk bermain terbuka.


Meski menerapkan permainan terbuka dengan tempo cepat, kedua tim gagal mencetak gol di babak pertama. Alhasil, 45 menit pertama laga berakhir dengan skor kacamata.

Di babak kedua, keadaan tidak jauh berbeda. Vietnam harus menunggu hingga penghujung laga untuk mencetak gol pertamanya di laga ini.

Nguyen Quang Hai mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-83. Mendapat umpan Phan Van Duc, Hai melepaskan tembakan kaki kiri tanpa bisa dihalau kiper Filipina, Patrick Deyto.

Tak puas dengan keunggulan satu gol, Vietnam terus menekan pertahanan Filipina. Hasilnya Nguyen Cong Phuong menambah gol Vietnam melalui tendangan kaki kiri di menit ke-87.

Tertinggal dua gol tak membuat Filipina patah semangat. Terbukti mereka mampu memperkecil ketinggalan di menit ke-89 lewat tendangan kaki kanan James Younghusband.

Usaha Filipina untuk membalikkan keadaan terkendala oleh waktu. Alhasil, skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Di partai final, Vietnam akan menantang Malaysia. Harimau Malaya lebih dulu memastikan satu tempat di final setelah unggul agresivitas gol tandang ketika menghadapi Thailand.

Video: PSMS Medan Takluk 2-4 dari PS Tira

 



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id