Harie Pandiyono (tengah) bersama rekan suporter Timnas Indonesia. (Foto: Rendy/medcom.id)
Harie Pandiyono (tengah) bersama rekan suporter Timnas Indonesia. (Foto: Rendy/medcom.id)

Kalah Jumlah di Filipina, Pendukung Timnas U-23 Pantang Menyerah

Bola Timnas U-23 Timnas U-22 SEA Games 2019 Filipina
Rendy Renuki H • 10 Desember 2019 15:07
Manila: Para suporter Indonesia bakal tetap memberi dukungan langsung dan maksimal untuk timnas U-23 di final SEA Games 2019. Mereka tetap lakukan itu meski kalah jumlah dengan suporter lawan.
 
Adalah Vietnam yang menjadi lawan timnas U-23 di final SEA Games 2019. Pertandingannya dijadwalkan berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Manila pada pukul 20.00 waktu setempat, atau 19.00 WIB.
 
Informasi kalah jumlah suporter mengacu pada ketersediaan 12.000 tiket yang telah ludes terjual. Kabarnya, suporter Tanah Air hanya kebagian sekitar 2.000 tiket.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Peningkatan prestasi sepak bola Vietnam menjadi salah satu alasan meningkatnya animo suporter mereka. Namun, Harie Pandiyono selaku salah satu suporter timnas U-23 mengaku tidak gentar.
 
"Ya, saya dengar suporter Vietnam lebih banyak ketimbang Indonesia. Saya tidak tahu kenapa," kata Harie saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta jelang keberangkatan ke Manila, Selasa 10 Desember dini hari.
 
"Kami akan tetap bernyanyi selama 90 menit dan jeda babak pertama. Jadi ketika istirahat saat suporter Vietnam terdiam, kami masih akan terus bernyanyi," sambungnya.
 
Harie yang juga aktif di perkumpulan suporter Aremania tidak tahu pasti penyebab terjadinya ketimpangan ketersediaan tiket. Namun, ia sedikit kecewa karena animo suporter Tanah Air tidak sebesar pendukung lawan.
 
Situasi itu disayangkan oleh Harie karena Indonesia berpeluang mengulang prestasi menjadi juara seperti pada 1991 silam. Saat itu, Indonesia juga menaklukkan Vietnam di Manila.
 
"Saya cukup kecewa kenapa masyarakat kita tidak banyak yang datang. Padahal, Indonesia saja terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 karena antusiasme suporternya," pungkas Harie.
 
Indonesia akan menghadapi Vietnam pada partai final di Rizal Memorial Stadium. Laga tersebut menurut jadwal akan digelar pada pukul 20.00 waktu setempat, atau 19.00 WIB.
 

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif