Profil Peserta Piala AFF 2018: Laos

Profil Timnas Laos: Tak Ingin jadi Penggembira

Gregorius Gelino 06 November 2018 20:20 WIB
piala aff
Profil Timnas Laos: Tak Ingin jadi Penggembira
Skuat Timnas senior Laos (Foto: Lao FF)
Jakarta: Setelah gagal lolos dari babak kualifikasi di Piala AFF 2016, Timnas Laos kini kembali ambil bagian pada ajang bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF 2018. Kali ini, Laos bertekad tidak hanya jadi tim penggembira.

Memang, tidak berlebihan jika orang-orang hanya menganggap Laos sebagai tim penggembira di kompetisi terbesar negara-negara Asia Tenggara ini. Fakta menunjukkan, dari 10 keikutsertaan mereka di Piala AFF, Laos tidak pernah lolos dari babak penyisihan grup.

Prestasi terbaik Laos hanya menduduki peringkat empat dari lima peserta di fase grup Piala AFF 1996. Dalam sembilan partisipasi lainnya, Laos harus rela jadi juru kunci.


Sepanjang 10 kali tampil di Piala AFF, Laos sudah memainkan total 33 pertandingan di fase grup. Hasilnya cukup miris. Mereka baru dua kali mencicipi kemenangan, lima kali meraih hasil imbang. Sisanya, 26 kali mereka kalah.

Setali tiga uang, Laos juga tidak bisa berbangga dalam urusan produktivitas gol. Bayangkan, dalam 33 laga, mereka baru mencetak 22 gol. Sementara itu, gawang mereka sudah kebobolan sebanyak 137. Itu berarti, Laos rata-rata kebobolan empat gol dalam setiap pertandingan Piala AFF.

Meski mengaku kalah kelas dari lawan-lawannya, pelatih Laos, Varadaraju Sundramoorthy, tetap optimistis dengan peluang lolos timnya. Kepercayaan diri Sundramoorthy tidak lepas dari diterapkannya format baru di mana tidak ada lagi tuan rumah di babak penyisihan grup.

Ya, mulai tahun ini babak penyisihan grup Piala AFF akan diselenggarakan di negara-negara kontestan. Format yang disepakati adalah masing-masing tim akan kebagian jatah dua kali bermain kandang dan tandang.

Pada Piala AFF tahun ini, Laos tergabung di Grup A bersama dengan Vietnam, Malaysia, Myanmar dan kamboja. Laos akan jadi tuan rumah saat melawan Vietnam dan Myanmar. 

"Para pemain Laos memiliki kesempatan untuk tampil di depan penonton tuan rumah. Saya yakin mereka akan tampil baik. Saya juga ingin mengirim pesan bahwa penggemar akan menjadi pemain ke-12 tim," kata Sundramoorthy seperti dilansir media Thailand, Bongda Plus.

"Memang benar kami harus satu grup dengan Vietnam dan Malaysia, jadi ini sangatlah sulit. Tapi jika fans mendukung kami, Laos akan menjadi lawan yang tangguh bagi siapapun," imbuh mantan pelatih Timnas Singapura di Piala AFF 2016 tersebut.

Tapi jika berkaca dari tiga laga persahabatan terakhir, sulit bagi Laos untuk lolos dari grup A. Pasalnya, Laos selalu kalah dalam tiga laga persahabatannya. Mereka dibantai 1-4 oleh Mongolia di kandang sendiri (16/8), dihajar Filipina 1-3 di markas sendiri (3/8), dan kalah tipis 1-0 ketika bertandang ke Bangladesh (1/8).

Pemain Bintang



Kendati dianggap sebagai tim terlemah di grup A, Laos masih bisa membuat kejutan. Salah satu pemain yang bisa diandalkan untuk mengais poin bagi Laos adalah gelandang serang andalan mereka, Soukaphone Vongchiengkham.

Pemain klub Thailand, Sisaket, ini merupakan salah satu pemain andalan Sundramoorthy. Gelandang serang yang telah mengoleksi 41 caps dan 12 gol bersama timnas senior Laos ini bahkan dijuluki 'Messi dari Laos' oleh media setempat.

Kecepatan dan kelincahan menjadi atribut utama pemain bertinggi badan 155 cm ini. Selain itu, kecerdikannya juga bisa membuat pemain lawan ketar-ketir.

Profil Timnas Laos di Piala AFF
Julukan: Thim Xad
Partisipasi: 10 kali
Prestasi terbaik: Fase Grup
Pemain bintang: Soukaphone Vongchiengkham (gelandang serang)
Pelatih: Varadaraju Sundramoorthy (Singapura)

Skuat Laos di Piala AFF 2018:
Kiper:
1. Phoutpasong Sengdalavong (Lanexang United)
2. Vanhnasith Thilavongsa (SHB Vientiane)
3. Sengphachan Bounthisanh (NUOL FC)

Bek:
4. Saynakhonevieng Phommapanya (Lao Toyota)
5. Moukda Souksavath (Lao Toyota)
6. Phoumai Souvandee (Lao Police Club)
7. Khamphoumy Hanvilay (Young Elephant)
8. Oudomsith Singlatsomboun (CSC Champa)
9. Khamla Pinkeo (IDSEA Champasank United)
10. Thothilath Sibounhuang (EDL FC)

Gelandang:
11. Soukaphone Vongchiengkham (Sisaket)
12. Phoutthasay Khochalern (Lanexang United)
13. Manolom Phomsouvanh (Lanexang United)
14. Soukchinda Natphasouk (Lao Police Club)
15. Tiny Bounmalay (Lao Police Club)
16. Paseuthsack Souliyavong (Lao Toyota)
17. Khonesavanh Sihavong (Hoang Anh Attapeu)
18. Chanthaphone Waenvongsoth (Electricite du Laos)
19. Souksakhone Bountathip (tanpa klub)
20. Phouthone Innalay (tanpa klub)

Penyerang
21. Stthideth Khantavong (Lao Toyota)
22. Maitee Sihalad (Lao Toyota)
23. Khampheng Sayavutthi (Lanexang United)



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id