Jelang Perempat Final Piala Asia U-19: Jepang vs Indonesia

Prediksi Jepang U-19 vs Indonesia U-19: Demi Piala Dunia

Rendy Renuki H 28 Oktober 2018 13:41 WIB
timnas u-19piala asia u-19
Prediksi Jepang U-19 vs Indonesia U-19: Demi Piala Dunia
Witan Sulaeman saat melakukan selebrasi (Foto: MI/Rommy Pujianto)
Jakarta: Menang. Satu kata yang wajib diraih Timnas Indonesia saat menghadapi Jepang pada perempat final Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Minggu 28 Oktober malam.

Kemenangan menjadi harga mati skuat Garuda Nusantara demi menatap Piala Dunia U-20 2019. Pasalnya, syarat berpartisipasi turnamen yang digelar di Polandia adalah finis empat besar di Piala Asia U-19.

Namun, tentu tak semudah membalikkan telapak tangan bagi Egy Maulana Vikri Cs merebut kemenangan dari Jepang. Pasalnya, tim Samurai Muda tampil superior sepanjang turnamen.


Pada penyisihan Grup B, Jepang tak terkalahkan dengan memborong tiga kemenangan. Tim asuhan pelatih Masanaga Kageyama bahkan mampu membantai Irak pada laga terakhir dengan skor 5-0.

Tak hanya itu, Jepang datang ke Piala Asia U-19 ini dengan berstatus juara bertahan. Mereka mampu meraih gelar Piala Asia U-19 pada 2016 lalu usai mengalahkan Arab Saudi di final.

Meski menjadi unggulan, Kageyama tetap enggan menganggap remeh Indonesia. Apalagi, menurutnya Timnas U-19 saat ini jauh lebih berkembang dari sebelumnya.

Pada pertemuan terakhir Jepang mampu meraih kemenangan meyakinkan dari Timnas U-19. Saat itu, Jepang berhasil menggasak Garuda Nusantara dengan skor 4-1 pada uji coba 25 Maret lalu di SUGBK.

"Pemain kami menampilkan permainan terbaik sejauh ini. Kami pernah melawan Indonesia di stadion ini. Perbedaan tim saat ini saya lihat memiliki kepercayaan diri yang tinggi," ujar Kageyama jelang pertandingan.

Pernyataan pelatih Jepang itu mengacu kepada perjuangan Timnas U-19 di fase grup. Tim asuhan pelatih Indra Sjafri memang berjuang keras untuk lolos ke perempat final berstatus runner-up.

Setelah menang 3-1 dari Chinese Taipei, Indonesia harus menelan kekalahan pada laga kedua dari Qatar 5-6. Meski begitu, justru semangat juang di laga tersebut yang sangat diantisipasi pelatih Jepang.

Pasalnya, Indonesia yang sempat tertinggal hingga 1-6, mampu menyudahi laga dengan skor 5-6. Serta di luar dugaan mampu mengandaskan Uni Emirat Arab dengan skor 1-0.

"Tiga pertandingan di Grup A membuat Timnas dari hari ke hari semakin baik. Tiga pertandingan itu membuat mereka semakin matang dan semakin siap," tutur Indra Sjafri.

Peluang meraih juara pun cukup terbuka lebar. Apalagi faktor tuan rumah bisa menjadi keuntungan lain bagi Garuda Nusantara memenangi pertandingan.

Indra Sjafri pun berharap SUGBK bisa dipenuhi suporter Indonesia. Namun ia mengimbau agar suporter tetap mendukung dengan aura positif.

"Saya berharap suporter yang santun, yang sesuai kultur bangsa kita. Jangan memaksakan tim mengubah game plan, jangan memberikan tekanan, karena nanti game plan akan berubah," pungkas Indra.

Pemain Kunci: 

Witan Sulaeman

Timnas U-19 tentunya masih akan bertumpu kepada pemain berusia 17 tahun ini. Apalagi Witan saat ini masuk ke dalam daftar pemain paling bersinar di fase grup Piala Asia U-19. 

Penampilan gelimangnya di fase grup dengan torehan tiga gol menjadi bekal Witan menghadapi Jepang. Penetrasi cepat yang dimiliki gelandang serang U-19 ini juga diharapkan membantu memecah pertahanan Samurai Muda.

Takefusa Kubo
Namun, Indonesia juga patut mewaspadai para penggawa Jepang. Salah satunya adalah Kubo yang dijuluki "Messi dari Jepang".

Jebolan akademi La Masia milik Barcelona ini bisa menjadi ancaman serius. Apalagi, selain tajam di lini depan, Kubo juga terkenal pemain yang pandai melakukan pergerakan tanpa bola dan memiliki umpan akurat.

Prediksi susunan pemain:
Indonesia U-19: Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Indra Mustafa, Rahmat Irianto, Firza Andika; Lutfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, Todd Rivaldo Ferre;Witan Sulaeman, Hanis Saghara.

Jepang U-19: Kosei Tani; Hirokazu Ishihara, Daiki Hashioka, Kanedeiebusu Mikuni, Shunki Higashi; Hiroki Abe, Mitsuki Saito, Hiroki Ito, Takefusa Kubo; Koki Saito, Taisei Miyashiro.

Prediksi Medcom.id:
Indonesia 50 - 50 Jepang

Egy dan Todd Kembali Berlatih Bersama Timnas U-19




(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id